Sukses


Dua Gelar di MotoGP 2017 Bikin Zarco Termotivasi

Aalst - Nama Johann Zarco menyita perhatian publik pada MotoGP 2017 lalu. Kesuksesan pembalap Monster Yamaha Tech 3 bersaing dengan pembalap papan atas pada musim lalu membuat banyak pihak ikut terkejut.

Berstatus rookie dan pembalap tim satelit tak membuat Zarco pestimistis menghadapi persaingan di MotoGP 2017. Dari 18 balapan, ia mampu meraih tiga podium, yakni di Prancis, Malaysia, dan Valencia.

Pada balapan lainnya, ia juga kerap masuk dalam daftar lima besar. Catatan itu yang menghasilkan dua gelar untuk Zarco. Ia dinobatkan sebagai Rookie of the Year dan pembalap terbaik tim satelit MotoGP 2017.

"Tentu saja, saya selalu berusaha melaju secepat mungkin. Tapi saya harus menyesuaikan latihan saya. Sampai pada balapan di luar Eropa, saya bisa mendekati batas, tapi hanya 10 sampai 15 menit. Masalahnya saya harus melakukannya selama 40 menit," kata Zarco, dilansir Speedweek.

"Saya membaik, tapi kami juga punya rencana untuk musim dingin. Sepanjang musim kemarin, Anda tak bisa sepenuhnya memecahkan masalah itu. Tapi di musim ini saya bisa mempersiapkan diri untuk menjadi lebih kuat sebagia pembalap," ia menambahkan.

2 dari 3 halaman

Perasaan Bagus

Pebalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco, sedang mendengarkan penjelasan dua teknisi timnya pada post season test MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, 15 November 2017. (Motorsport)

Meski begitu, ada banyak pendapat buruk mengenai gaya balap Zarco. Layaknya mendiang Marco Simoncelli, pembalap asal Prancis itu disebut memiliki gaya yang urak-urakan. Manuvernya saat menyalip diklaim kerap membahayakan.

Meski begitu, tetap saja Zarco menjadi pembalap dengan banyak peminat. Meski masih terikat kontrak dengan Yamaha Tech 3 hingga musim 2018, sudah ada beberapa tim yang mengantre untuk mendapatkan tenda tangannya.

"Di musim pertama saya, saya tak bisa selalu melakukan hal-hal heroik. Tapi saya menunjukkan bahwa saya bisa diandalkan dan menyelesaikan balapan. Kami selalu membicarakan perasaan yang tepat untuk mesin, termasuk grip dan ban depan," tegas Zarco.

 

3 dari 3 halaman

Johann Zarco dan Statistik

125cc: 50 balapan, 1 menang, 11 podium, 4 pole, 5 fastest lap, 371,5 poin

Moto2: 88 balapan, 15 menang, 30 podium, 15 pole, 7 fastest lap, 1.010 poin

MotoGP: 17 balapan, 0 menang, 3 podium, 2 pole, 4 fastest lap, 174 poin

Video Populer

Foto Populer