Sukses


Hadapi MotoGP 2018, Espargaro Desak Aprilia Perbaiki Performa

Jakarta Aprilia meraih hasil mengecewakan pada MotoGP 2017. Mereka tak mampu naik podium. Bahkan finis 10 besar saja sudah menjadi pekerjaan amat berat bagi duet Sam Lowes dan Aleix Espargaro.

Setelah tampil cukup bagus pada MotoGP 2016, Aprilia justru harus melewati musim 2017 dengan kekecewaan besar. Dari 18 balapan, hanya 67 poin yang bisa dipersembahkan Lowes dan Espargaro, jauh dari 145 poin yang dikumpulkan di musim 2016.

Tak hanya itu, catatan terburuk juga diukir Lowes. Ia menjadi pembalap yang paling banyak terjatuh sepanjang musim lalu, yakni 31 kali. Hasilnya, pembalap asal Inggris itu sampai delapan kali gagal finis.

Untuk Espargaro, rapornya di MotoGP 2017 memang sedikit lebih baik dari Lowes. Namun, pembalap asal Spanyol itu tetap merasa tidak puas. Ia pun berharap Aprilia melakukan sesuatu agar bisa lebih baik di musim 2018.

"Mungkin saya kurang bergairah, tapi Anda tahu bagaimana saya. Saya ingin berada di puncak. Mungkin kami harus mendefinisikan kembali tujuan kami. Saya ingin lebih dekat dengan podium dalam setiap balapan," kata Espargaro, dilansir Motorsport.

2 dari 3 halaman

Kelemahan Aprilia

Aleix Espargaro (Toshifumi KITAMURA / AFP)

Di musim lalu, Espargaro juga memiliki beberapa kesialan. Pada musim perdananya bersama Aprilia itu, ia juga delapan kali gagal mencapai garis finis. Bahkan, ia juga sempat absen balapan MotoGP Malaysia.

Pada balapan lainnya, rapornya terbilang lumayan. Ia sempat finis urutan keenam MotoGP Qatar, ketujuh di Jerman, kedelapan di Republik Ceko, keenam di Aragon, dan ketujuh di Jepang. Itu yang membuat Espargaro bisa finis di urutan ke-15 klasemen.

"Hal tersulit dengan motor ini adalah bagian pertama balapan, yakni dengan tangki penuh yang tidak bisa saya pacu. Saya ingin melupakan musim 2017, ini sangat sulit bagi saya. Banyak kecelakaan, banyak kegagalan mesin, cedera setelah bertahun-tahun tak mengalaminya. Saya tak sabar memulai musim baru," tegas pembalap 28 tahun itu.

 

3 dari 3 halaman

Rapor Espargaro di Semua Kelas

125cc: 23 balapan, 0 menang, 0 podium, 0 pole, 0 fastest lap, 36 poin

250cc: 44 balapan, 0 menang, 0 podium, 0 pole, 0 fastest lap, 181 poin

Moto2: 17 balapan, 0 menang, 1 podium, 0 pole, 0 fastest lap, 76 poin

MotoGP: 129 balapan, 0 menang, 1 podium, 2 pole, 0 fastest lap, 634 poin

Video Populer

Foto Populer