Sukses


Polisi Italia Buru Para Pemakai Produk Palsu Rossi

Jakarta Penggemar Valentino Rossi selama ini dikenal memiliki ciri khas saat menyaksikan MotoGP. Angka 46 dan warna kuning membuat fans Rossi sangat mencolok.

Sehingga ketika menemukan tribun penonton penuh dengan atribut berwarna kuning, maka itu merupakan penggemar Rossi. Tapi apakah mereka membeli barang tersebut secara resmi atau ilegal?

Pasalnya, belum lama ini Polisi Italia berhasil membongkar tindak kejahatan pemalsu barang di sebuah pabrik dimana mereka memproduksi dan menjual produk Merchandise Rossi secara ilegal.

Pemalsu produk Rossi ini berhasil diungkap Polisi di sebuah pabrik yang terletak di Bolzaneto, Genoa, Italia. Dari laporan Motorpasionmoto, Kamis (8/2/2018), terdapat 14 ribu item yang dipalsukan. Tidak hanya produk palsu berlabel Rossi saja, ada juga produk lain yang dipalsukan di pabrik ini, seperti perlengkapan dan pernak-pernik Ferrari.

Selain menemukan barang bukti. Polisi juga menyita alat-alat produksi, komputer, dan sejumlah dokumen pengiriman barang dengan menggunakan kapal laut ke berbagai negara, serta berkas tanda terima pembelian.

 Sumber Liputan6.com

2 dari 3 halaman

Siapa Jadi Pemakai?

Fans Rossi berkerumun di depan paddock idola mereka (Liputan6.com/Defri Saefullah)

Modus kejahatan yang dilakukan dengan menjual barang palsu berupa topi, kemeja, dan beberapa item lain melalui situs jual beli. Akibat peristiwa ini produsen bakal dikenai sanksi denda sebesar 5.000-50.000 euro serta hukuman penjara antara dua hingga enam tahun.

Tentu saja, tidak semua tanggung jawab akan berada di pihak produsen sekaligus penjual, karena pihak berwenang Italia telah mengidentifikasi 278 pelanggan yang sekarang bakal menghadapi konsekuensi terkait pembelian barang palsu tersebut.

Bagi mereka yang terbukti membeli barang palsu tersebut akan dikenakan denda bervariasi mulai dari 100 euro hingga 7.000 euro.

3 dari 3 halaman

Harga Mahal

Merchandise Rossi Kuasai MotoGP Malaysia (Liputan6.com/Defri Saefullah)

Bagaimanapun, masalah pemalsuan akan terus berlanjut, karena jenis aktivitas ini berkembang biak dalam bayang-bayang harga tinggi yang cenderung dimiliki oleh produk merchandise resmi. Mengingat dalam banyak kasus merupakan hambatan bagi beberapa penggemar untuk membelinya.

Sekarang dengan adanya pengungkapan ini penggemar akan lebih berhati-hati dalam menentukan pilihan untuk membeli merchandise Rossi.

Sementara bagi juara dunia tujuh kali di MotoGP, paling tidak, keberhasilan polisi Italia membongkar kasus pemalsuan ini membuatnya sedikit lebih tenang dalam menghadapi persaingan tidak sehat ini.

(David Permana)

Video Populer

Foto Populer