Sukses


MotoGP Aragon: Dianggap Hambat Smith, Vinales dan Morbidelli Kena Penalti

Bola.com, Aragon - Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, dan rider Marc VDS, Franco Morbidelli, dijatuhi penalti karena dianggap menghambat Bradley Smith pada fase kualifikasi pertama MotoGP Aragon, Sabtu (23/9/2018). Vinales akan start dari posisi ke-13, sedangkan Morbidelli di urutan ke-19. 

Smith hanya terpaut sekitar 0,1 detik dari Vinales setelah melahap tiga dari empat sektor di kualifikasi pertama. Setelah itu, lajunya terhambat oleh keberadaan Vinales, Morbidelli dan Xavier Simeon pada Tikungan 16. Vinales dan Morbidelli dianggap memperlambat laju motor mereka. 

Pembalap KTM tersebut akhirnya gagal melaju ke kualifikasi kedua. Dia awalnya bakal start di posisi ke-16. Vinales lolos ke Q2 dan berhak menempati urutan ke-11. Adapun Morbidelli di posisi ke-13. Komposisi tersebut berubah setelah Vinales dan Morbidelli dijatuhi penalti. 

"Sedikit kecewa, banyak pembalap di area mengerem, dan dengan kecepatan seperti itu sangat berbahaya. Saya melaju dengan kecepatan 330 km/jam dan mereka hanya sekitar 150 km/jam. Saya tak tahu mereka akan memilih jalur yang mana," kata Smith, seperti dilansir Motorsport

"Di televisi sepertinya tenang-tenang saja. Tapi, bayangkanlah dalam kecepatan seperti itu tak mungkin tenang. Saya harus menuju kerb untuk menghindari Morbidelli dan saat berusaha masuk ada Maverick. Saya kecewa karena jelas bisa mencatatkan waktu 1 menit 47 detik," imbuh pembalap Inggris itu. 

Penalti bagi Maverick Vinales menambah panjang daftar buruk Yamaha di MotoGP Aragon. Sebelumnya, Yamaha dipastikan kesulitan karena Valentino Rossi hanya menempati posisi ke-18 pada sesi kualifikasi. 

 

Video Populer

Foto Populer