Sukses


Bom Waktu Motor Yamaha YZR-M1, Kencang tapi Sering Bermasalah Teknis

Bola.com, Jerez - Awal musim MotoGP 2020 seakan jadi periode kebangkitan tim Yamaha: baik pabrikan maupun satelit. Setelah sempat jadi bayang-bayang tim Honda dan Ducati, Yamaha kini telah kembali ke panggung utama.

Buktinya adalah dua kemenangan yang diraih rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo pada dua seri pertama MotoGP 2020. Pada MotoGP Andalusia, 26 Juli, podium bahkan diisi semua pembalap pengendara Yamaha YZR-M1.

Berturut-turut Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi finis 1-2-3. Tapi di balik fata motor Yamaha YZR-M1 memang kencang, ada satu ganjalan yang tidak boleh dianggap remeh.

Adalah fakta motor juga sering dibebat kendala teknis. Di seri pertama, masalah tersebut dialami Rossi. Pada seri kedua, giliran Franco Morbidelli yang merasakannya.

Padahal tanpa masalah itu, Morbidelli punya kans untuk finis tiga besar. "Kami tidak tahu apa penyebabnya. Tapi tim dan teknisi Yamaha sedang melakukan analisis," kata Morbidelli.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Bom Waktu

Maverick Vinales juga mengeluhkan hal sama terkait masalah teknis motor Yamaha YZR-M1. Menurutnya pada latihan bebas 3 (FP3) MotoGP Andalusia, motor miliknya juga punya problem.

Tapi beruntung, masalah itu tidak berlanjut ke seri berikutnya. "Saya punya masalah pada FP3. Saya dengar bunyi aneh pada mesin dan saya segera masuk ke pit," Vinales bercerita.

"Kami harus menyelesaikan masalah. Karena mesin bakal semakin bekerja keras pada dua balapan berikutnya di Brno (Ceska) dan Red Bull (Austria)," lanjutnya.

Fakta yang terjadi pada dua balapan pembuka MotoGP 2020 merupakan peringatan motor Yamaha YZR-M1 bak bom waktu. Motor ini kompetitif. Tapi juga punya riskan dengan kendala teknis.

Oleh karena itulah Lin Jarvis, Managing Director Yamaha menegaskan pihaknya punya pekerjaan rumah untuk melanjutkan tren positif di MotoGP 2020.

"Kami punya banyak pekerjaan di depan untuk mempertahankan keunggulan di klasemen. Tapi kami sudah berada di jalur yang benar," Jarvis menuturkan.

Sumber: Yamahamotogp.com, GPOne.com, Twitter Petronas SRT

Video Populer

Foto Populer