Sukses


7 Fakta Menarik Pasca-MotoGP Austria: Catatan Spesial Andrea Dovizioso dan Ducati

Bola.com, Spielberg - Pembalap Ducati, Anderea Dovizioso, berhasil meraih podium juara pada MotoGP Austria, Minggu (16/8/2020) malam WIB. Hasil tersebut membuat Dovi dan Ducati mengukir catatan spesial.

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, terjadi insiden yang melibatkan Franco Morbidelli dan Johann Zarco. Keduanya bertabrakan hebat di tikungan ketiga ketika balapan menyisakan 20 lap lagi.

Morbidelli menghantam keras motor milik Zarco dari belakang. Akibatnya, kedua pembalap tersebut terjatuh, sedangkan motor yang ditunggangi hancur tak beraturan.

Kecelakaan tersebut membuat race director memutuskan untuk mengibarkan bendera merah. Alhasil, balapan terhenti sesaat untuk membersihkan puing-puing motor yang berserakan di lintasan.

Setelah tertunda selama beberapa menit, balapan kembali dilanjutkan. Jack Miller yang menempati posisi start kedua langsung melesat memimpin jalannya lomba. Di susul Pol Espargaro dan Andrea Dovizioso.

Ketika balapan menyisakan 11 lap lagi, Dovizioso berhasil menyalip Jack Miller di trek luruk. Dovi pun berada di posisi terdepan, unggul atas Miller dan Alex Rins.

Hingga melewati bendera kotak-kotak, Andrea Dovizioso tetap memimpin dan berhak atas podium juara, dengan catatan waktu 28 menit 20,853 detik. Dovi unggul 1,377 detik atas Joan Mir di peringkat kedua dan 1,548 detik atas Jack Miller yang finis di tempat ketiga.

Kemenangan ini membuat Andrea Dovizioso naik ke urutan kedua klasemen sementara pembalap dengan nilai 56. Dia tertinggal 11 poin dari Fabio Quartararo yang masih berada di tempat teratas.

Sejumlah fakta menarik tersaji pasca-MotoGP Austria. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah perinciannya seperti dilansir akun Twitter resmi MotoGP.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Data dan Fakta:

1. Andrea Dovizioso selalu meraih podium dalam lima musim terakhir di MotoGP Austria. Dari lima kesempatan tersebut, Dovi sukses tiga kali finis terdepan, sekali di posisi runner-up, dan sekali mengamankan podium juara.

2. Keberhasilan Andrea Dovizioso finis terdepan, membuat Ducati berhasil meraih podium juara di MotoGP Austria dalam lima musim secara beruntun. Andrea Iannone sukses juara pada musim 2016, Dovizioso pada musim 2017, 2019, dan 2020, serta Jorge Lorenzo pada musim 2018.

3. Selain itu, Ducati juga berhasil mencatatkan 50 kemenangan di balap motor kelas tertinggi kejuaraan dunia balap motor

4. Finis di peringkat kedua pada MotoGP Austria merupakan podium perdana bagi Jaon Mir, sejak tampil di balapan kelas premium ini pada musim 2019.

5. Jack Miller yang finis di peringkat ketiga pada MotoGP Austria meraih podiumnya yang perdana pada musim ini. Dalam tiga seri sebelumnya, Miller hanya mampu menempati posisi keempat (Spanyol), gagal finis (Andalusia), dan peringkat sembilan (Republik Ceska).

6. Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, belum lagi meraih podium setelah dalam dua seri pembuka, yakni Spanyol dan Andalusia berhasil keluar sebagai juara. Adapun di MotoGP Republik Ceska finis di peringkat tujuh dan Austria di urutan delapan.

7. Sejak Sirkuit Red Bull Ring kembali masuk kalender MotoGP pada 2016, Valentino Rossi tak mampu finis di posisi tiga besar. Prestasi terbaik di The Doctor adalah peringkat keempat pada 2016 dan 2019.

Sumber: MotoGP

Video Populer

Foto Populer