Sukses


Kualifikasi MotoGP San Marino: Wow, Posisi 1-4 Semua Pembalap Yamaha

Bola.com, Misano - Pembalap Yamaha benar-benar mendominasi jalannya sesi kualifikasi MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Sabtu (12/9/2020).

Bagaimana tidak, semua pengendara motor Yamaha YZR-M1 bisa finis posisi 1-4. Ini merupakan sejarah untuk kali pertama pada sesi kualifikasi MotoGP, posisi 1-4 diisi rider tim berlambang garpu tala. 

Raihan pole position MotoGP San Marino didapat oleh pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales.

Vinales membukukan catatan waktu 1 menit 31,411 detik untuk finis pertama. Dia mengungguli rider Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli di urutan kedua dengan gap 0,312 detik.

Sementara rekan setim Morbidelli, Fabio Quartararo finis ketiga. Dia memiliki gap 0,380 detik dari peraig pole position MotoGP San Marino.

Adapun Valentino Rossi melengkapi dominasi Yamaha untuk finis keempat. Lap terbaiknya juga tidak terlalu jauh dari Vinales yaitu hanya berselisih 0,466 detik.

2 dari 4 halaman

Jalannya Kualifikasi

Pada sesi kualifikasi pertama (Q1), kakak-adik: Aleix Espargaro dan Pol Espargaro sempat secara bergantian untuk menempati posisi 1-2.

Namun pada akhirnya dua pembalap yang lolos ke Q2 menjadi milik Pol dan Miguel Oliveira. Pol membukukan lap terbaik 1 menit 32,064 detik atau unggul 0,148 detik dari Oliveira.

Kemudian pada run 1 Q2, para pembalap Yamaha langsung unjuk gigi. Dua rider pengendara motor YZR-M1, Valentino Rossi dan Fabio Quartararo bergantian menempati posisi pertama.

Awalnya Rossi yang tembus 1 menit 31,887 detik. Tapi kemudian Quartararo mempertajamnya menjadi 1 menit 31,791 detik. Usai catatan ini, para pembalap kembali ke pit.

Tak berselang lama, pembalap Yamaha, Maverick Vinales lagi-lagi bisa mempertajam lap terbaik. Dia membukukan 1 menit 31,787 detik untuk berada di posisi pertama.

Saat akhir sesi kualifikasi, saling kejar jadi tercepat kembali terjadi antara rider Yamaha. Franco Morbidelli sempat berada di urutan pertama lewat catatan waktu 1 menit 31,723 detik.

Tapi kemudian lap fantastis itu bisa dipertajam lagi oleh Vinales ke angka 1 menit 31,411 detik. Vinales pun mengakhiri kualifikasi MotoGP San Marino sebagai pembalap tercepat. 

 

3 dari 4 halaman

Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP San Marino

1. Maverick Vinales (Yamaha)

2. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)

3. Fabio Quartararo (Yamaha)

4. Valentino Rossi (Yamaha)

5. Jack Miller (Pramac Ducati)

6. Pecco Bagnaia (Pramac Ducati)

7. Alex Rins (Suzuki Ecstar)

8. Joan Mir (Suzuki)

9. Andrea Dovizioso (Ducati)

10. Johann Zarco (Avintia Ducati)

11. Miguel Oliveira (KTM Tech3)

12. Pol Espargaro (KTM)

----------------------------

Tidak Lolos ke Q2

13. Aleix Espargaro (Aprilia)

14. Takaaki Nakagami (LCR Honda)

15. Danilo Petrucci (Ducati Team)

16. Brad Binder (KTM)

17. Tito Rabat (Avintia Ducati)

18. Iker Lecuona (KTM Tech 3)

19. Stefan Bradl (Repsol Honda)

20. Bradley Smith (Aprilia Gresini)

21. Alex Marquez (Repsol Honda)

Ket: Cal Crutchlow (LCR Honda) tidak melanjutkan rangkaian MotoGP San Marino akibat cedera.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Klasemen 6 Besar Pembalap MotoGP 2021 Setelah Seri Aragon, Pecco Bagnaia Peringkat 2

Video Populer

Foto Populer