Sukses


Penuh Drama MotoGP Catalunya: Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi Gagal Finis, Fabio Quartararo Menang

Bola.com, Catalunya - Pembalap Yamaha kembali meraih kemenangan pada balapan MotoGP 2020. Kali ini di MotoGP Catalunya yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (27/9/2020).

Peraihnya adalah pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. Kemenangan ketiga pada MotoGP 2020 ini mengantarkan dirinya naik ke posisi puncak klasemen.

Karena pada saat yang sama, pimpinan klasemen, Andrea Dovizioso gagal finis MotoGP Catalunya setelah mengalami insiden selepas start dengan Johann Zarco.

Pembalap senior lainnya, Valentino Rossi juga urung finis podium. Berada di posisi kedua, Valentino Rossi mengalami kecelakaan pada lap 16 lantaran terlalu agresif mengejar Fabio Quartararo.

Pembalap tim Suzuki sukses muncul sebagai bintang pada balapan kali ini. Pada akhir balapan, tepatnya 2 lap sebelum finis, Joan Mir dan Alex Rins sukses mengambil posisi 2-3 dari Franco Morbidelli. 

Khusus buat Mir, ini merupakan podium untuk kali ketiga pada tiga balapan terakhir. Sehingga kini ia berstatus kandidat serius untuk menjadi juara dunia MotoGP 2020.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 3 halaman

Jalannya Balapan

Drama langsung tersaji selepas start MotoGP Catalunya. Pimpinan klasemen, Andrea Dovizioso mengalami kecelakaan setelah tidak bisa menghindari Johann Zarco yang sudah jatuh terlebih dahulu menuju Tikungan 2.

Nahasnya dua pembalap pengendara Ducati Desmosedici ini terjatuh akibat Danilo Petrucci yang nyaris kecelakaan. Karena Petrucci coba bertahan pada motor, Zarco terjatuh kemudian menghajar Dovizioso.

Usai momen ini, trio pengendara Yamaha YZR-M1, Franco Morbidelli, Valentino Rossi, dan Fabio Quartararo berada di posisi 1-2-3.

Namun pada lap 6, Quartararo bisa mengambil alih posisi kedua dari tangan Valentino Rossi dan langsung memburu Morbidelli. Puncaknya lap 9 menuju Tikungan 1, pembalap asal Prancis itu sukses melakukannya.

Paga lap 14, Morbidelli harus turun ke posisi ketiga setelah melakukan kesalahan ketika hendak masuk Tikungan 1. Rossi pun mengambil alih posisi kedua.

Nahas Rossi yang sedang berusaha mengejar Quartararo pada lap 16 Tikungan 2 justru mengalami kecelakaan. Padahal jika setidaknya bisa bertahan di 3 besar, ia merealisasikan podium ke-200.

Pada lap 23, Joan Mir pun merangsek ke depan untuk mengambil alih posisi kedua dari Franco Morbidelli. Pada lap sama, Morbidelli harus turun ke posisi keempat setelah diasapi pembalap Suzuki lainnya, Alex Rins.

Hasil akhir MotoGP Catalunya, tiga pembalap terdepan adalah Fabio Quartararo, Joan Mir, dan Alex Rins. 

3 dari 3 halaman

Hasil Lengkap MotoGP Catalunya

1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) 40 menit 33,176 detik

2. Joan Mir (Suzuki) +0,928 detik

3. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +1,898 detik

4. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) +2,846 detik

5. Jack Miller (Pramac Ducati) +3,391 detik

6. Pecco Bagnaia (Pramac Ducati) +3,518 detik

7. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +3,671 detik

8. Danilo Petrucci (Ducati) +6,117 detik

9. Maverick Vinales (Yamaha) +13,607 detik

10. Cal Crutchlow (LCR Honda) +14,483 detik

11. Brad Binder (KTM)

12. Aleix Espargaro (Aprilia)

13. Alex Marquez (Repsol Honda)

14. Iker Lecuona (KTM Tech 3)

15. Tito Rabat (Avintia Ducati)

16. Bradley Smith (Aprilia Gresini)

17. Stefan Bradl (Repsol Honda)

Tidak Finis

Johann Zarco (Avintia Ducati), Andrea Dovizioso (Ducati), Miguel Oliveira (KTM Tech 3), Pol Espargaro (KTM), Valentino Rossi (Yamaha)

Video Populer

Foto Populer