Sukses


Mengetahui Arti Kibaran Bendera pada Ajang MotoGP, Banyak dan Pembalap Wajib Hafal

Bola.com, Jakarta - MotoGP era sekarang sarat akan regulasi dan teknologi yang harus diketahui para pelakunya, termasuk pembalap.

Kesimpulannya jadi pembalap bukan hanya melulu soal bisa cepat di trek, tapi juga mencermati apa yang menjadi rule of the game.

Di antaranya adalah soal makna dari setiap kibaran bendera pada ajang MotoGP. Pembalap wajib hafal. Karena jika salah tafsir, ada hukuman yang harus diterima.

Tentu menghafal lay out sirkuit dan mencari setelan motor tepat saja sudah sulit, tapi pembalap punya pekerjaan berat lain yaitu mengetahui makna kibaran bendera.

Masalahnya jumlah bendera itu tidak cuma 1-2, tapi bisa mencapai puluhan. Hanya saja dalam artikel ini, Bola.com mengajak Anda mengetahui makna dari kibaran bendera yang sering muncul di ajang MotoGP.

Saksikan Video Pilihan Kami:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Makna Bendera MotoGP (1)

  • Bendera Hijau

Memberi tahu pembalap bahwa sirkuit sudah siap digunakan dan mereka boleh masuk ke trek. Bendera hijau biasanya berkibar pada sesi latihan bebas dan jelang lap pemanasan sebelum balapan ajang MotoGP.

 

  • Bendera Biru

Arahan pembalap yang berada di depan untuk membiarkan rival di belakang untuk menyalip. Saat balapan, biasanya bendera biru berlaku untuk pembalap yang telah overlap.

 

  • Chequered Flag atau Bendera Finis

Paling familiar karena menandakan sebuah sesi telah berakhir, baik latihan bebas, kualifikasi maupun balapan.

 

  • Bendera Kuning

Bendera yang memiliki banyak makna, tergantung di mana berkibarnya dan apa kondisinya. Jika balapan sedang berlangsung lalu ada bendera kuning merupakan tanda peringatan bahwa ada sektor di trek berbahaya.

Andai dua bendera kuning sekaligus dikibarkan oleh pos marshal, maka ada bahaya dan halangan menutupi sebagian atau seluruh lintasan.

Jika kondisi di atas berlaku, maka pembalap harus melambatkan motor dan dilarang menyalip sampai bendera hijau kembali berkibar.

3 dari 3 halaman

Makna Bendera MotoGP (2)

  • Bendera Merah

Jika bendera merah berkibar, maka sebagai tanda sebuah sesi terganggu oleh insiden, pembalap wajib melambat dan kembali ke pit segera mungkin.

 

  • Bendera Putih

Indikasi bahwa pembalap wajib masuk pit dan mengganti motor. Ini biasanya berkibar dalam kondisi trek diguyur hujan saat balapan.

 

  • Bendera Hitam

Bendera paling jarang terlihat tapi jika sudah dikibarkan, berarti ada kesalahan fatal yang dilakukan seorang pembalap pada sebuah lomba.

Pembalap yang mendapat bendera hitam berarti harus mengakhiri balapan. Kasus bendera hitam pernah dirasakan Marc Marquez pada balapan MotoGP Australia 2013. Kala itu ia menolak ganti motor dalam kondisi trek basah dan diganjar diskualifikasi.

 

Sumber: Intentsgp.com

 

Video Populer

Foto Populer