Sukses


Ini Alasan Balapan Kedua di Sirkuit Motorland Aragon, Akhir Pekan Ini Bernama MotoGP Teruel

Bola.com, Alcaniz - Lantaran pandemi virus corona, ada beberapa sirkuit yang menggelar dua balapan sekkaligus di MotoGP 2020. Contohnya Sirkuit Misano, San Marino.

Lantaran menghelat dua seri, sirkuit tersebut harus memiliki dua nama berbeda. Dipilihnya MotoGP San Marino dan MotoGP Emilia Romagna. Hal sama berlaku untuk Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol.

Setelah menggelar seri sepuluh dengan tajuk MotoGP Aragon, Sirkuit Aragon kembali jadi tempat balapan seri sebelas, akhir pekan ini. Judul lomba pun berubah menjadi MotoGP Teruel.

Pertanyaan pun muncul, kenapa namanya MotoGP Teruel? Teruel adalah provinsi di wilayah Aragon dan pada saat yang sama merupakan ibu kota provinsi terpencil ini.

Pemerintah kota Teruel lah yang membayar kepada Dorna sebagai penyelenggara MotoGP agar nama daerah mereka semakin dikenal. Meskipun begitu, jarak antara Teruel ke Sirkuit Aragon sendiri sangat jauh: 175 km.

Yang menarik dari Teruel adalah meski berstatus ibu kota provinsi, derah tersebut punya populasi sangat sedikit: 35 ribu jiwa. Praktis Teruel menyabet status sebagai ibu kota provinsi dengan populasi terkecil di seluruh Spanyol.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Kampanye Teruel Existe

Porgram pariwisata Teruel sendiri sudah dimulai sejak lama. Program Teruel Existe (Teruel Ada) bahkan dimulai pada tahun 1999 untuk menarik lebih banyak pengakuan, dengan tujuan menemukan investor untuk kota dan provinsi tersebut.

Setelah itu, sambungan transportasi ke Teruel diperbaiki, misalnya dibangun jalan tol dari Saragossa ke Sagunto. Namun demikian, Teruel tetap menjadi satu-satunya ibu kota provinsi di Semenanjung Iberia tanpa jalan langsung atau koneksi kereta api ke ibu kota Madrid.

Teruel juga dikenal memiliki situs arkeologi dan sisa-sisa dinosaurus tertua yang ditemukan di Spanyol. Oleh karena itulah, beberapa mendapat status Situs Warisan Dunia dari UNESCO.

So kembali ke MotoGP, jalannya MotoGP Teruel, akhir pekan ini bakal sangat penting untuk semua pembalap yang sedang bersaing jadi juara dunia. Tentunya buat Anda penggemar MotiGP, jangan sampai melewatkan balapan ini. 

 

Sumber: Speedweek

Video Populer

Foto Populer