Sukses


5 Balapan Paling Dramatis di MotoGP Valencia: Andrea Dovizioso, Marc Marquez sampai Valentino Rossi Pernah Merasakannya

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia sudah cukup lama berstatus balapan terakhir di MotoGP. Tapi akibat pandemi virus corona dan berimbas revisi kalender balap 2020, status Valencia sebagai seri terakhir ikut tergerus.

Pada MotoGP 2020, Sirkuit Portimao mengambil jatah seri terakhir. Meskipun begitu, bukan berarti balapan di Valencia tidak akan menarik lagi.

Valencia bahkan akan menggelar dua balapan pada dua pekan berturut-turut. Rangkaian lomba di Sirkuit Ricardo Tormo dimulai pada MotoGP Eropa, 8 November. Lalu satu pekan berikutnya, tajuk balapan berubah menjadi MotoGP Valencia.

Dua balapan di Valencia ini bakal sangat menarik. Karena enam pembalap yang sedang bersaing jadi juara dunia MotoGP 2020 akan berusaha keras meraih hasil sebaik mungkin demi modal mentereng menuju balapan terakhir di Portugal.

Apalagi selisih poin pembalap yang berada di enam besar begitu ketat. Joan Mir sebagai pimpinan klasemen hanya unggul 32 poin dari urutan keenam, Alex Rins. Mengingat masih ada 75 poin maksimal pada tiga seri terakhir, sekecil apapun kesalahan bisa mengubah peta persaingan.

Apalagi jika merunut ke belakang, Valencia sering kali menghadirkan balapan menarik, penuh kejutan, dan drama. Bola.com pun mencatat 5 balapan paling dramatis di Sirkuit Ricardo Tormo: 

2 dari 7 halaman

1. Nicky Hayden Jadi Juara Dunia MotoGP 2006

Nicky Hayden butuh keajaiban untuk mewujudkan mimpi menjadi juara MotoGP 2006. Menjelang seri pamungkas di Valencia, dia masih tertinggal enam poin dari sang pemuncak klasemen, Valentino Rossi.

Hayden semakin terjepit lantaran start dari posisi kelima, sedangkan Rossi memulai lomba dari pole position.

Namun, saat lomba Dewi Fortuna ada di pihak Hayden. Rossi terjatuh pada awal lomba dan finis di posisi ke-13. Hayden hanya naik podium ketiga, tapi itu sudah cukup bagi The Kentucky Kid untuk menyegel gelar MotoGP 2006 dengan keunggulan lima poin atas Rossi.

3 dari 7 halaman

2. Valentino Rossi, Start Paling Belakang dan Finis Keempat di MotoGP Valencia 2015

Valentino Rossi masih unggul tujuh poin atas rival terdekatnya Jorge Lorenzo menuju seri pamungkas MotoGP 2015 di Valencia. Namun, The Doctor harus menerima kenyataan start dari grid paling belakang karena mendapat hukuman terkait insiden senggolan dengan Marc Marquez pada seri sebelumnya di Sepang, Malaysia.

Perjuangan Rossi semakin berat karena Lorenzo start dari pole position. Namun, Rossi pantang menyerah. Saat lomba, dia mengerahkan segenap kemampuan hingga akhirnya finis keempat.

Namun, aksi sensasional itu belum cukup bagi Rossi untuk meraih titel ke-10 sepanjang karier karena Lorenzo finis terdepan dan merengkuh mahkota juara ketiganya. Meski tak menang, Rossi tetap disambut penggemarnya bak seorang juara.

4 dari 7 halaman

3. Balapan Hujan di MotoGP Valencia 2018 dan Dimenangkan Andrea Dovizioso

MotoGP 2018 ditutup dengan balapan dramatis di Valencia. Hujan membuat sembilan pembalap tidak finis, di antaranya Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Balapan sendiri sempat dihentikan dan kemudian Andrea Dovizioso memanfaatkan kondisi di atas untuk finis pertama. Sayang sebelum balapan ini, pembalap Ducati itu sudah tak berpeluang jadi juara dunia.

Adapun posisi kedua dan ketiga diisi Alex Rins (Suzuki) dan Pol Espargaro (KTM). Finis ketiga, Pol pun mempersembahkan podium pertama untuk pabrikan KTM pada ajang MotoGP.

5 dari 7 halaman

4. Maverick Vinales Jadi Juara Dunia Moto3 2013 dengan Dramatis

Maverick Vinales meraih titel Moto3 2013 dengan cara yang dramatis. Menjelang balapan seri terakhir, GP Valencia, Vinales dan dua rival utamanya, Alex Rins dan mendiang Luis Salom, hanya dipisahkan lima poin. Siapa pun yang menang di Valencia akan jadi juara dunia.

Drama sudah terjadi pada awal lomba ketika Salom terjatuh. Vinales dan Rins berduel ketat di depan hingga tikungan terakhir lap pamungkas.

Vinales akhirnya keluar sebagai pemenang dan merebut gelar, sedangkan Rins hanya naik podium ketiga karena disalip Jonas Folger sebelum garis finis.

6 dari 7 halaman

5. Marc Marquez Menang Moto2 Valencia 2012 dari Grid Terakhir

Marc Marquez mendapat hukuman start dari grid paling belakang alias posisi ke-33 karena terlibat insiden pada sesi latihan bebas Moto2 Valencia 2012. Namun, penalti tersebut tak menghalangi jalan Marquez untuk menjadi juara.

Saat lomba, Marquez memperlihatkan aksi sensasional. Melakukan start sempurna, Marquez langsung melewati 20 rider pada lap pertama! Setelah itu, dia menyalip 12 pebalap lain satu demi satu hingga akhirnya finis terdepan.

Kemenangan fenomenal pada GP Valencia menandai perpisahan manis Marquez sebelum naik ke kelas MotoGP pada 2013. Marquez sudah memastikan merebut gelar Moto2 2013 pada seri sebelumnya di Australia.

 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer