Sukses


Analisis Rossi di Balik Keputusan Mengejutkan Dovizioso Rehat dari MotoGP

Bola.com, Valencia - Pembalap Italia, Andrea Dovizioso, memilih rehat dari MotoGP pada musim depan setelah beberapa waktu lalu memutuskan tak memperpanjang kontrak dengan Ducati. Menurut Valentino Rossi, Dovi hanya cuti panjang dan segera menyadari akan sangat merindukan MotoGP. 

Andrea Dovizioso memutuskan rehat dari MotoGP di usia 34 tahun. Keputusan itu dianggap berisiko jika pembalap Italia itu masih ingin melanjutkan kiprah di MotoGP. 

Di sisi lain, Valentino Rossi sudah memastikan akan menjalani musim ke-26 di ajang balap motor dunia pada 2021. Tahun depan, usia Rossi sudah mencapai 42 tahun. 

Menurut Rossi, keputusan Dovi sepenuhnya adalah masalah pribadi. The Doctor mengungkapkan analisisnya di balik keputusan mengejutkan Dovi tersebut. 

"Itu semua persoalan yang sangat personal. Saya selalu terganggu jika ada pembalap lain yang berbicara tentang saya dan berkata, misalnya apakah saya seharusnya tetap setop atau lanjut membalap," kata Rossi, seperti dilansir Speedweek, Jumat (13/11/2020). 

"Pada akhirnya, usia hanya salah satu faktor. Dovi punya gairah luar biasa terhadap balap motor. Contohnya, Anda bisa bertemu dengannya di suatu sore di Faenza, ketika dia mengendarai motocross bersama teman-temannya. Jadi, Anda tidak bisa bilang ia kehilangan gairah." 

Rossi memprediksi Dovizioso segera merasakan kerinduan sirkuit MotoGP saat masa rehatnya tahun depan. 

"Ini semua tergantung banyak hal. Pastinya segala sesuatu yang berputar di seputar MotoGP dan tidak berhubungan dengan sepeda motor itu sulit dan menjadi kewajiban. Jika ingin tetap lanjut, Anda tak hanya butuh gairah terhadap motor, tapi juga motif lain. Bisa juga ini cuti panjang. Menurut saya, tahun depan, ia akan menyadari betapa akan sangat merindukan MotoGP ketika sedang tidak membalap," tutur. 

"Tapi, dia selalu mengatakan betapa besar kecintaannya terhadap motocross. Dia memenangi balapan. Mungkin ia akan memutuskan tinggal di rumah dan bergembira bersama rekan rekannya," imbuh Valentino Rossi.  

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Tetap Ikuti Event Balap

Sebelumnya,  Andrea Dovizioso dikabarkan telah menolak tawaran Yamaha sebagai test rider mereka untuk musim depan.

Artinya Andrea Dovizioso tidak akan ke mana-mana pada MotoGP 2021, tapi tidak juga pensiun. Ia pilih cuti selama satu musim dan coba menunggu opsi kembali berstatus pembalap utama pada MotoGP 2022.

Simone Battistella selaku manajer Andrea Dovizioso memang telah mengumumkan Yamaha memberikan tenggat waktu sampai akhir balapan MotoGP Eropa mengenai tawaran untuk menjadi pembalap penguji untuk sang klien.

Sebelumnya nama Andrea Dovizioso juga sempat dikaitkan bakal merapat ke Aprilia, Honda sampai KTM. Tapi kini semua telah dikonfirmasi.

Masih menurut dari situs Speedweek.com, Andrea Dovizioso akan tetap mengikuti event balap untuk menjaga tubuhnya tetap fit.

Di antaranya mentas di Kejuaraan Motocross regional di negara asalnya, Italia. Kemudian ada kemungkinan juga, Andrea Dovizioso akan tampil di MotoGP 2021.

Syaratnya salah satu pembalap utama mengalami cedera. Jika situasi ini terjadi, tim-tim MotoGP pasti melirik sosok Andrea Dovizioso sebagai pengganti.

Sumber: Speedweek 

Video Populer

Foto Populer