Sukses


Dorna Berikan Saran agar Sirkuit Mandalika Bisa Gelar MotoGP Indonesia 2021

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Mandalika, Lombok telah diumumkan masuk daftar balapan cadangan untuk kalender balap sementara MotoGP 2021. Terbaru trek ini juga termasuk ke dalam daftar sementara Kejuaraan Dunia Superbike 2021.

Hanya saja masalahnya, sampai bulan Desember 2020, Sirkuit Mandalika masih jauh dari kata selesai. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai penyelenggara MotoGP Indonesia menargetkan trek tersebut rampung Juni 2021 dan kemudian lolos homologasi pada Juli 2021.

Mengutip dari situs MotoGP, Dorna sebagai penyelenggara Kejuaraan Dunia Balap Motor memberikan saran agar Sirkuit Mandalika bisa menggelar balapan MotoGP Indonesia 2021.

Menurut CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, MGPA harus benar-benar fokus menyelesaikan pembangunan Sirkuit Mandalika. "Fokusnya harus pada konstruksi, homologasi serta pengujian, terutama karena ini adalah sirkuit jalanan yang baru," kata Ezpeleta mengutip dari sirkuit MotoGP, Selasa (01/12/2020).

Ezpeleta turut mengabarkan meskipun berstatus balapan cadangan, Sirkuit Mandalika punya kans besar masuk kalender MotoGP 2021 jika memang proses pembangunan trek bisa selesai.

"Seperti yang disebutkan, ada kemungkinan bahwa perubahan akan terjadi pada kalender sementara (MotoGP 2021) dan setelah kami memiliki gambaran yang lebih jelas, tentu saja tergantung pada konstruksi dan pengujian (Sirkuit Mandalika), kami dapat mulai mendiskusikan kemungkinan tanggal untuk balapan tahun 2021," Ezpeleta menerangkan.

2 dari 3 halaman

MotoGP Indonesia Penting

Ezpeleta sebagai orang nomor satu di Dorna kembali menyebut negara Indonesia merupakan pasar penting untuk MotoGP.

Sayangnya kali terakhir balapan Kejuaraan Dunia Balap Motor berlangsung di Indonesia adalah penghujung 1990-an di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor.

"Sudah 23 tahun sejak kami menyelenggarakan balapan terakhir di Indonesia dan kami sangat bersemangat untuk kembali secepatnya," Ezpeleta menerangkan.

Untuk diketahui selain Sirkuit Mandalika, MotoGP Indonesia juga direncanakan diikuti tim balap asal Tanah Air yang mengikuti kelas Moto2 pada musim 2021. 

Sumber: MotoGP 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer