Sukses


MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, MGPA Siapkan Homestay dan Market Place untuk UMKM

Bola.com, Jakarta - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku penyelenggara event MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika terus melakukan persiapan.

Bukan hanya mengebut pengerjaan Sirkuit Mandalika, MGPA juga turut menyiapkan infrastruktur pendukung jalannya balapan. Salah satunya homestay untuk menampung rombongan 'sirkus' Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Kepada Bola.com, Chief Strategic and Communication Officer MGPA Happy Harinto mengatakan untuk membangun homestay, pihaknya dibantu oleh Kementerian PUPR dan Kementerian Desa PDTT.

Nantinya meski bernama homestay, tempat menginap para peserta MotoGP dibuat sesuai dengan standar. "Saat ini sedang dilakukan pendataan homestay yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan penginapan untuk event tersebut," kata Happy.

"Data homestay tersebut akan diinput kedalam website resmi themandalikagp.com sehingga dapat diakses dengan mudah," tambahnya.

Bukan hanya homestay, MGPA juga berusaha membuat MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika sebagai surga pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Tanah Air. Para UMKM ini akan dibuatkan market place.

"Kita juga menyediakan market place di mana UMKM dan usaha kreatif yang terpilih dapat menjual souvenir dengan standar MotoGP di dalam market place tersebut," Happy menerangkan.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Destinasi Wisata Baru

Gol utama yang diharapkan MGPA adalah Mandalika, Lombok diharapkan bisa jadi destinasi wisata baru lantaran menggelar balapan MotoGP Indonesia.

"Diharapkan Mandalika jadi destinasi wisata baru yang dapat meningkatkan pariwisata dan perekonomian khususnya UMKM di Indonesia dan sekitarnya," Happy menerangkan.

"Dengan terselenggaranya MotoGP, Indonesia akan mendapatkan long term multi effect dengan memanfaatkan brand MotoGP yang solid dan valid," tambahnya.

Sirkuit Mandalika sendiri saat ini sudah masuk daftar cadangan pada MotoGP 2021. Trek sendiri direncanakan pihak MGPA rampung bulan Juni nanti dan menjalani proses homologasi bulan Juli.

Dorna sebagai penyelenggara MotoGP pernah mengatakan meski berstatus balapan cadangan, MotoGP Indonesia bisa masuk menggantikan race utama yang dibatalkan akibat pandemi virus corona.

 

Video Populer

Foto Populer