Sukses


Ritual Unik Fabio Quartararo di MotoGP, Pernah Ditertawakan

Bola.com, Jakarta - Beberapa pembalap MotoGP dikenal memiliki ritual khusus sebelum naik ke atas motor. Paling ikonik tentu Valentino Rossi. Satu di antara ritual dari The Doctor adalah jongkok dan mengajak berbicara motornya.

Diketahui bukan hanya Valentino Rossi yang mempunyai ritual khusus, pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo juga punya kebiasaan menarik saat ingin naik ke motor.

Dalam wawancara bersama situs MotoGP, Fabio Quartararo mengaku selalu menyalakan mesin motor secara sendiri dan diawasi oleh seorang mekanik.

Menurutnya kebiasaan ini mulai ia lakukan pada sesi tes pramusim di Valencia 2018 atau debutnya bersama tim satelit Petronas Yamaha.

Untuk diketahui, menghidupkan motor merupakan tugas seorang mekanik. Tapi Fabio Quartararo memilih mengambil starter mekanis dan melakukannya sendiri.

Pembalap asal Prancis itu mengaku sempat ditertawakan oleh kru tim Petronas Yamaha SRT ketika menjalani ritual ini. "Saya bertanya kepada tim apakah saya bisa menyalakan motor dan semua orang mulai tertawa," cerita Fabio Quartararo.

"Mereka bertanya-tanya mengapa seorang pembalap ingin menyalakan motornya jika itu adalah sesuatu yang biasa dilakukan mekanik," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Detail soal Hal Teknis

Diketahui, ritual ini dilakukan Fabio Quartararo lantaran merasa menjadi bagian di sebuah tim. Menurutnya tugas menyalakan motor itu bukan hanya milik mekanik.

"Karena saya bukan hanya seorang pembalap, saya adalah orang yang bekerja dalam sebuah tim. Tanpa kepala teknisi saya, teknisi dan mekanik, motor tidak akan berfungsi," Fabio Quartararo menerangkan.

El Diablo-julukan Fabio Quartararo memang dikenal sebagai salah satu pembalap yang begitu detail mengenai teknis motor. Dia suka memahami setiap detail dan mempelajari pengetahuan baru, bahkan jika tidak sepenuhnya terkait dengan perannya.

Kini menuju MotoGP 2021, Fabio Quartararo sudah tidak lagi memperkuat tim Petronas Yamaha SRT. Dia akan bertukar tempat dengan Valentino Rossi di Monster Energy Yamaha MotoGP.

 

Sumber: MotoGP

 

Video Populer

Foto Populer