Sukses


Kisah Anthony Gobert, Pembalap Berbakat yang Kariernya Hancur Akibat Narkoba

Bola.com, Jakarta - Namanya Anthony Gobert. Bakanya sempat mempesona di paddock Kejuaraan Dunia Balap Motor. Sehingga ia mendapat julukan The Go Show. Sayang akibat narkoba dan alkohol, nasib pembalap yang pernah memperkuat Suzuki itu sangat nahas saat ini.

Singkat cerita, nama Anthony Gobert mengkilap pada ajang Kejuaraan Dunia Superbike. Antara tahun 1994-2000, ia merasakan 16 podium dan delapan kemenangan.

Prestasi terbaiknya musim 1995, di mana ia finis keempat di klasemen akhir dan hanya kalah dari tiga pembalap hebat bernama Carl Fogarty, Troy Corser dan Aaron Slight.

Berkat performa hebatnya di Superbike, ia mendapat kesempata mentas di kelas 500cc atau cikal bakal MotoGP. Tercatat ia tampil 13 kali dengan hasil terbaik finis ketujuh MotoGP Austria 1997.

Bakatnya sebenarnya sempat mendapat pengakuan. Tapi narkoba dan alkohol telah merusak semua. Kariernya mulai hancur pada tahun 1997.

Kala itu ia memperkuat Suzuki, salah satu tim pabrikan hebat di kelas 500cc kala itu. Namun ia membuat gempar dunia ketika melakukan tes narkoba dan dinyatakan positif. Dia pun dipecat.

Kejadian pada tahun 1997 tidak membuat Anthony Gobert jera. Berulang kali dia kecanduan alkohol dan obat-obatan, misalnya pada tahun 2004 saat mengikuti Kejuaraan Balap Motor di Amerika Serikat.

Paling parah ia mengalami kecelakaan lalu lintas ketika berkendara dalam kondisi mabuk bersama kekasihnya Suni Dixon. Pada 2006, eks pembalap papan atas ini mengumumkan dirinya kecanduan heroin.

2 dari 3 halaman

Komentar Sang Adik

Sejak itu, hanya saudara laki-lakinya, Aaron, yang melakukan kontak dengan pria yang kini berusia 45 tahun itu. Deskripsi terbarunya menunjukkan bahwa Anthony telah mencapai titik paling bawah alias bangkrut.

"Terakhir kali saya melihatnya, dia berada di sel penjara dan mengetahui kematian ayah kami. Dia sangat ingin datang ke pemakaman," Aaron berkisah.

"Saya tidak tahu harus berkata apa kepada banyak penggemarnya, saya tidak punya jawaban. Namun tidaklah baik untuk tidak mengetahui di mana dia berada, bagaimana keadaannya, dan apakah dia membutuhkan bantuan. Saya ingin mengubah itu," lanjutnya.

Setelah bertahun-tahun penuh masalah, praktis Anthony Gobert bangkrut. Problem tambah pelik lantaran Aaron Gobert juga bukan sosok berada. Alhasil untuk membantu Anthony, Aaron berencana melakukan penggalangan dana.

"Saya tahu apa yang harus saya lakukan, tetapi saya membutuhkan dukungan. Dengan dukungan, saya akan memberinya telepon dan tempat yang aman untuk tidur," ungkap Aaron.

 

Sumber: Speedweek

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer