Sukses


Franco Morbidelli Dapat Kejutan Manis dari Yamaha, Tak Lagi Dipandang Sebelah Mata

Bola.com, Losail - Yamaha tampaknya tidak lagi memandang sebelah mata pembalap tim satelit Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli. Bahkan, Yamaha memberikan kejutan manis untuk pembalap asal Italia itu. 

Yamaha tidak bisa memberikan YZR-M1 spek pabrikan kepada Franco Morbidelli pada MotoGP 2021. Namun, Morbidelli mengaku mendapatkan kejutan berupa perangkat baru pada hari kedua uji coba pramusim di Losail, Qatar.

Seperti diketahui, walau sukses besar jadi pembalap Yamaha terbaik sekaligus runner up tahun lalu, Morbidelli dipastikan takkan dapat M1 spek pabrikan 2020 seperti Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Valentino Rossi. Musim ini, tetap mengendarai M1 'Spek A', yang mesin dan segala perangkatnya berasal dari musim 2019.

Bagi Morbidelli, ini tak masalah, apalagi dengan M1 'Spek A' ia terbukti lebih kompetitif dibanding rider Yamaha lainnya musim lalu. Dalam uji coba Qatar pada 6-7 Maret, ia bahkan tampil apik, duduk di posisi ketujuh pada hari pertama dan posisi keempat pada hari kedua. Uniknya, ia mengaku dapat sedikit kejutan dari Yamaha.

Rider berusia 26 tahun tersebut mengaku mendapatkan holeshot device terbaru dan perkembangan sistem elektronik.

"Perasaan saya setelah uji coba ini sangat baik. Saya harus berterima kasih kepada Yamaha, karena mereka memberi saya perangkat baru untuk motor saya. Rasanya sungguh menyenangkan, dan ini kejutan manis bagi saya," ujarnya.

Perlu diingat, 2021 adalah tahun ketiga Morbidelli naik M1 'Spek A'. Namun, ia menyebut paket M1 'Spek A' miliknya kali ini sudah jauh lebih baik daripada versi 2019 dan 2020, berkat bantuan perangkat baru. Ia lega perangkat ini membuatnya merasa level performa yang setidaknya mirip dengan tahun lalu dan tak membuatnya makin buruk.

"Saya dapat peningkatan pada paket motor. Di MotoGP, Anda setidaknya harus tetap berada di level yang sama, atau bahkan mengalami kemajuan. Saya rasa kami dapat paket yang lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kami juga bisa tampil dengan posisi dan level yang mirip dengan tahun lalu, dan ini positif," lanjut Franco Morbidelli

  

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Tak Dapat Sasis 2021? Tak Masalah, Tapi...

Di lain sisi, Morbidelli tetap takkan dapat sasis terbaru, yang sudah dijajal Quartararo dan Rossi selama dua hari uji coba. Morbidelli mensinyalir dirinya takkan menjajal sasis itu sepanjang musim nanti.

Uniknya, ia justru senang tak perlu mengutak-atik setup yang sudah ideal, walau tak memungkiri dapat sasis baru bisa jadi menguntungkan.

"Tak punya sasis baru itu bagus, selama sasis yang mereka coba tidak membuat mereka makin kompetitif! Lagipula, lebih baik bertahan dengan apa yang Anda punya dan mengerjakan setupnya. Tapi pada suatu titik, Anda pasti akan menemukan sesuatu yang membuat Anda lebih berpotensi dan lebih cepat," tuturnya.

"Saya rasa itu salah satu kunci penting di MotoGP, mencoba merakit motor yang cocok dengan Anda, dan punya motor yang gerak-geriknya bisa diprediksi sekaligus cepat. Jika coba-coba perangkat, Anda bisa melakukannya. Jika tak coba-coba, Anda pun berhadapan dengan tembok," pungkas Morbidelli.

Sumber: Crashnet

Disadur dari: Bola.net (Penulis Anindhya Danartikanya, published 11/3/2021)

 

Video Populer

Foto Populer