Sukses


Berebut Jadi Tim Satelit Ducati di MotoGP 2022, Sky Racing VR46 Milik Valentino Rossi Punya Pesaing

Bola.com, Jakarta - Pasar tim satelit MotoGP sedang bergejolak. Paling ramai tentunya siapa tim independen yang akan menggantikan pos tim satelit Ducati, Esponsorama Avintia untuk musim 2022.

Slot Esponsorama Avintia sebagai tim satelit Ducati kemungkinan besar akan menjadi milik tim SKY Racing VR46 yang dipunyai Valentino Rossi. Apalagi SKY Racing VR46 sudah mulai berinvestasi lewat Luca Marini di Esponsorama Ducati pada MotoGP 2021.

Disebut langkah di atas merupakan indikasi tim milik Valentino Rossi akan jadi tim satelit Ducati sepenuhnya pada MotoGP 2022. Namun menurut Direktur Olahraga Ducati Corse, Paolo Ciabatti, tim SKY Racing VR46 bukan kandidat tunggal.

Pihaknya kini juga sedang bernegosiasi dengan tim Gresini yang pada MotoGP 2021 berstatus tim privat yang digandeng oleh tim pabrikan Aprilia. Namun disebut kolaborasi antara Aprilia dan Gresini bakal putus pada musim depan.

Paolo Ciabatti pun menegaskan pihak Ducati kini sedang bernegosiasi dengan SKY Racing VR46 dan juga Gresini. "Ada kontak untuk kedua tim," Paolo Ciabatti menerangkan.

"Tetapi setelah kematian tragis Fausto (Gresini, pemilik tim Gresini akibat COVID-19), yang sangat kami rindukan, kami harus sedikit bersabar dan menunggu beberapa balapan untuk melanjutkan negosiasi dengan tim Gresini," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

1 Pabrikan 1 Satelit

Paolo Ciabati turut mengungkapkan langkah negosiasi Ducati dengan tim milik Valentino Rossi dan Gresini bakal sangat tergantung keputusan Suzuki soal apakah mereka bakal menurunkan tim satelit di MotoGP 2022.

Jika Suzuki memiliki tim satelit di MotoGP 2022, maka komposisi ideal yang diinginkan Dorna sebagai penyelenggara ingin melihat satu pabrikan maksimal punya satu tim satelit bisa tercapai.

"Jadi itu juga akan menunjukkan apakah Suzuki siap menyediakan tim satelit. Masih belum jelas. Namun jika ada kemungkinan, Ducati ingin melanjutkan dengan dua tim satelit," kata Paolo Ciabatti.

"Kemudian kami dapat melanjutkan program dengan para pembalap muda dan menawarkan motor kepada mereka," lanjutnya.

Untuk diketahui, kini Ducati satu-satunya pabrikan yang mempunyai dua tim satelit: Pramac dan Esponsorama. Artinya bila Suzuki tertarik menurunkan tim satelit, maka kans SKY Racing VR46 atau Gresini berkolaborasi lebih condong ke tim pabrikan asal Jepang itu bukan Ducati.

 

Sumber: Corsedimoto

 

Video Populer

Foto Populer