Sukses


5 Pembalap yang Punya Peluang Besar Raih Kemenangan pada Balapan MotoGP Qatar 2021: Dari Ducati, Suzuki, atau Yamaha?

Bola.com, Jakarta - MotoGP 2021 resmi bergulir saat semua pembalap mengikuti sesi latihan bebas 1 atau FP1 dan FP2 seri perdana di Sirkuit Losail, Qatar yang berlangsung sepanjang Jumat (26/03/2021) malam WIB sampai Sabtu dini hari WIB.

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli berstatus pembalap tercepat pada FP1 MotoGP Qatar. Kemudian di FP2, giliran pembalap Ducati, Jack Miller dan Pecco Bagnaia unjuk gigi.

Keduanya sukses finis 1-2. Saking tipisnya, Jack Miller hanya unggul 0,035 detik dari Pecco Bagnaia. Ducati boleh menguasai FP2 MotoGP Qatar.

Tapi kecepatan pembalap Yamaha juga tidak boleh diremehkan. Terbukti pembalap tim pabrikan Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo menguntit di posisi ketiga.

Ini sebuah bukti, pembalap Ducati dan Yamaha bakal bersaing sengit pada balapan MotoGP Qatar. Jangan lupakan juga Joan Mir sebagai juara dunia MotoGP musim lalu. 

Selanjutnya pada hari Sabtu (27/03/2021) sampai Minggu dini hari WIB, mereka sudah dinanti jadwal padat. Para pembalap MotoGP bakal mengikuti tiga sesi sekaligus. Dari latihan bebas 3 atau FP3, FP4 dan terakhir kualifikasi.

Yuk scroll ke bawah untuk melihat prediksi Bola.com soal lima kandidat juara balapan MotoGP Qatar yang akan digelar pukul 00.00 WIB, Senin (29/03/2021) nanti.  

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 6 halaman

1. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT)

Pembalap terbaik pada seri-seri terakhir MotoGP 2020 dan puncaknya menyabet titel runner-up musim lalu. Punya kecepatan baik meski menggunakan motor Yamaha YZR-M1 dengan dapur pacu mesin produksi 2019.

Franco Morbidelli melanjutkan tren positif pada akhir musim lalu ke rangkaian seri perdana MotoGP Qatar 2021. Dia jadi tercepat pada FP1 dan tampak punya kecepatan super konsisten.

Rangkaian fakta di atas sepertinya layak menahbiskan Franco Morbidelli sebagai salah satu unggulan untuk balapan MotoGP Qatar, Senin dini hari WIB nanti.

3 dari 6 halaman

2. Jack Miller (Ducati)

Pembalap tercepat pada tes pramusim MotoGP Qatar. Kecepatannya di atas motor Ducati Desmosedici kembali diperlihatkannya saat mengikuti FP1 dan FP2 di Sirkuit Losail, Jumat (26/03/2021).

Fakta Losail merupakan trek yang memiliki banyak sektor lurus dan butuh power mesin mumpuni, bisa semakin menguntungkan Jack Miller bersama motor Ducari Desmosedici.

Dan perlu diingat, Ducati memang punya rapor bagus bersama Andrea Dovizioso di MotoGP Qatar. Ya, Jack Miller berpotensi melanjutkan kesuksesan Andrea Dovizioso.

4 dari 6 halaman

3. Joan Mir (Suzuki)

Pada sesi konferensi pers jelang rangkaian MotoGP Qatar hari Kamis lalu, semua sepakat menunjuk nama Joan Mir sebagai kandidat juara dunia musim 2021.

Tidak berlebihan rasanya mengingat pembalap asal Spanyol ini merupakan juara dunia MotoGP 2020. Joan Mir sendiri memulai rangkaian MotoGP Qatar lewat catatan apik.

Perlu diingat juga motor Suzuki GSX-RR dikenal sangat kuat pada aspek race pace. Jadi memasukkan nama Joan Mir di daftar unggulan sangat beralasan.

5 dari 6 halaman

4. Fabio Quartararo (Yamaha)

Pemenang dua seri pertama MotoGP 2020 dan sempat berada di puncak klasemen cukup lama. Tentu bukan tidak mungkin, Fabio Quartararo mengulang pencapaian musim lalu pada seri perdana musim 2021.

Satu catatan yang perlu diingat, motor Yamaha juga punya rekam jejak baik di Sirkuit Losail. Terbukti pada FP1 dan FP2 semua pengendara Yamaha YZR-M1, termasuk Fabio Quartararo punya kecepatan baik.

Fabio Quartararo sendiri sudah menyadari sebagai pembalap pabrikan Yamaha di MotoGP 2021, dirinya harus bersaing untuk setidaknya naik podium pada serinya.

6 dari 6 halaman

5. Alex Rins (Suzuki)

Jika Joan Mir bisa kencang di MotoGP Qatar, maka Anda tidak boleh memandang sebelah mata kans rekan setimnya di Suzuki, Alex Rins.

Alex Rins merupakan posisi ketiga MotoGP 2020. Jika tidak cedera pada seri perdana musim lalu, pembalap asal Spanyol ini digadang seharusnya bisa bersaing jadi juara dunia dengan Joan Mir.

Alex Rins tentu ogah mengulang start buruk seperti musim lalu jika tidak ingin kans jadi juara dunia kembali menjauh. Dia butuh hasil kompetitif pada MotoGP Qatar dan ia punya modal untuk melakukannya.

Video Populer

Foto Populer