Sukses


Efek Senggolan di Balapan MotoGP Doha, Joan Mir dan Jack Miller Perang Kata-kata

Bola.com, Jakarta - Balapan seri kedua MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar, Senin (05/04/2021) dini hari WIB, berjalan panas. Di antara banyaknya momen menarik di trek, insiden antara juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir dengan Jack Miller paling menyita perhatian.

Kejadian dimulai ketika Joan Mir melakukan manuver agresif dan membuat Jack Miller sedikit melebar pada Tikungan 10 saat balapan tersisa 10 lap lagi. Usai kejadian ini, pembalap Suzuki itu sudah memberikan gesture minta maaf kepada Jack Miller.

Namun masih di lap yang sama, keduanya kembali terlibat insiden ketika keluar dari tikungan terakhir. Dalam tayangan ulang, terlihat Jack Miller menyenggol bahu Joan Mir sehingga menyentuh area kerb.

Usai momen ini, keduanya saling melempar gestur amarah dan berlanjut ketika Joan Mir plus Jack Miller menyelesaikan balapan. Dalam komentar pasca MotoGP Doha, keduanya juga tidak henti saling umpat.

Jack Miller mengakui dirinya menyenggol Joan Mir saat keluar tikungan terakhir. Namun ia menegaskan sebelum insiden tersebut, Joan Mir sudah menyentuhnya tiga kali.

"Ada beberapa kontak. Sedikit kontak sana sini. Itu hanya salah satu dari hal-hal itu. Semua orang melihat apa yang terjadi dan kami terus balapan setelah itu," kata pembalap Australia itu.

"Maksud saya, saya disenggol, saya pikir sudah tiga kali sebelumnya. Jadi sepertinya itulah yang terjadi pada balapan. Itu saja."

"Dia menatapku setelah balapan. Dan aku menatapnya. Memang seperti itu. Dia melebar dan masuk. Tidak ada orang lain yang peduli dengan keberadaan saya. Begitulah adanya," lanjut pembalap yang akhirnya finis posisi sembilan pada balapan MotoGP Doha tersebut.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Jack Miller Sengaja Menyenggol

Sementara itu Joan Mir punya keyakinan Jack Miller layak mendapat hukuman atas insiden di tikungan terakhir saat race MotoGP Doha tersisa 10 lap lagi. Karena eks pembalap Pramac Ducati itu sengaja menyenggolnya.

"Saya melebar di tikungan terakhir. Ketika saya melebar, saya melihat Jack. Dia menggerakkan kepalanya seperti dia melihat saya," Joan Mir menceritakan.

"Saya semaksimal mungkin menepi. Kemudian ia datang dan kami berdua bersentuhan. Kami hampir tabrakan pada sektor lurus panjang itu. Tentu sangat berisiko, sangat berbahaya," tambahnya.

Mengenai manuvernya di Tikungan 10 yang membuat Jack Miller melebar, Joan Mir mengakui dirinya terlalu agresif tapi menyebut aksinya tidak melewati batas seperti Jack Miller kepadanya.

"Apa yang terjadi dengan Jack pada Tikungan 10 adalah bahwa itu adalah satu-satunya tempat di mana saya bisa menyalip. Saya mengambil posisi yang tepat. Dia memutuskan untuk tetap di area luar," ujar Joan Mir.

"Dia mempertahankan racing line. Kami bersentuhan sedikit. Saya mengerti itu adalah manuver yang berisiko, tetapi tidak melewati batas."

"Kemudian saya menggerakkan kaki untuk meminta maaf karena ketika hal seperti ini terjadi dalam balapan, saya ingin meminta maaf," lanjut pembalap berusia 23 tahun itu.

Direktur balapan sendiri sudah memberikan keputusan tidak memberikan hukuman apapun kepada Joan Mir maupun Jack Miller selepas balapan MotoGP Doha. 

 

Sumber: Crash

 

Video Populer

Foto Populer