Sukses


Ketika Semua Tergila-gila dengan Teknologi Holeshot Device di MotoGP Kecuali Marc Marquez: Saya Bahkan Tidak Pernah Memakainya

Bola.com, Jakarta - Kini semua merek motor di ajang MotoGP sedang berlomba-lomba mengembangkan holeshot device. Apa itu holeshot device?

Teknologi ini kali pertama lagi-lagi dilahirkan oleh Ducati. Angkat topi buat Gigi Dall'Igna sebagai pimpinan pengembangan motor Ducati Desmosedici.

Cara kerja holeshot device adalah memungkinkan suspensi belakang dikompresi secara manual dengan tombol yang ditekan pembalap pada motor. Tujuannya agar motor punya performa super saat start atau memulai balapan.

Kini beberapa pembalap, mulai juga memakai holeshot device saat keluar tikungan. Harapannya menambah akselerasi motor agar semakin lincah.

Terbaru bocoran pembalap tim satelit Pramac Ducati, pihak pabrikan asal Italia itu sudah mulai mencoba holeshot device ganda. Ya, ganda karena sistem ini bukan hanya bekerja pada suspensi belakang tapi juga depan!

"Kami sudah memiliki holeshot untuk menurunkan motor dari belakang. Tapi sekarang kita juga bisa melakukannya di depan. Di Ducati mereka banyak mengerjakannya," kata Johann Zarco.

Di Yamaha, baik Maverick Vinales dan Fabio Quartararo mendorong tim untuk mengikuti sepak terjang Ducati yaitu mempunyai holeshot device untuk suspensi depan.

Menariknya ketika banyak tim dan pembalap tergila-gila memakai holeshot device, Marc Marquez justru sebaliknya. Dia mengaku sudah dijelaskan kru tim Repsol Honda mengenai teknologi tersebut ketika mentas pada balapan MotoGP Portugal.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Marc Marquez Tidak Tertarik

Namun Marc Marquez ternyata memutuskan tidak memakainya meski tidak menutup kemungkinan memakainya pada balapan berikutnya.

"Saya tidak pernah menggunakannya. Hari ini mereka menjelaskan kepada saya tentang perangkat tersebut, baik depan maupun belakang, dan kami akan menggunakannya," kata Marc Marquez.

"Karena semua orang menggunakannya dan itu adalah sesuatu yang harus saya biasakan," lanjut juara dunia MotoGP enam kali itu.

Marc Marquez beralasan dengan memakai holeshot device tidak mengubah apapun dalam aspek persaingan di ajang MotoGP.

"Tidak ada gunanya memiliki perangkat holeshot pada motor. Dua tahun lalu kami tidak memiliki holeshot dan pertunjukkan balapan MotoGP tampak sama," kata Marc Marquez.

"Sekarang semua orang menggunakannya, dan tentu saja kami juga akan melakukannya, tim banyak berinvestasi sehingga setiap orang memiliki perangkat ini."

"Tetapi bagi saya itu adalah tambahan yang tidak meningkatkan pertunjukan dan akan membuat menyalip lebih sulit. Saya akan menggunakannya, ya, tapi kesan pertama saya adalah bahwa saya tidak menyukainya," tambahnya.

 

Sumber: Corsedimoto

 

Video Populer

Foto Populer