Sukses


Mengulik 5 Fakta Tim Milik Valentino Rossi untuk MotoGP 2022: Siapa Pembalapnya dan Pabrikan yang Digandeng?

Bola.com, Jakarta - Tim VR46 milik Valentino Rossi dipastikan akan menjalani debut di MotoGP pada 2022. Kepastian itu didapat setelah Tm VR46 mendapatkan sponsor baru.

Tanal Entertainment Sport & Media resmi mengumumkan kerja sama dengan VR46 Team, tim balap Valentino Rossi, pada MotoGP 2022. Tim ini mendapatkan sponsor utama baru yang akan menggantikan Sky, yakni Saudi Aramco.

Kabar ini sejatinya sudah ramai diperbincangkan oleh para penghuni paddock sejak Minggu (25/4/2021). Seperti diketahui, sejak Seri Qatar pada 26-28 Maret lalu, tim VR46 baik di MotoGP maupun Moto2 telah mulai disponsori oleh Tanal Entertainment Sport & Media, yakni perusahaan milik Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud.

Perusahaan ini belakangan sedang giat-giatnya mempromosikan 'Saudi Vision 2030', yang fokus pada pariwisata Arab Saudi, begitu pula industri konstruksi dan teknologi ramah lingkungan. Bagi perusahaan ini, tak ada yang lebih baik dari Valentino Rossi dan VR46 untuk dijadikan alat promosi proyeknya lebih jauh pada 2022.

VR46 sejatinya sudah turun di MotoGP 2021, tapi melebur dengan Esponsorama Racing. Esponsorama akan mundur akhir tahun nanti, hingga slotnya hampir pasti diambil alih sepenuhnya oleh VR46 tahun depan.

Mari kita mengulik fakta-fakta di balik tim milik Valentino Rossi yang akan melakoni debut di MotoGP 2022. 

 

2 dari 7 halaman

1. Membalap di MotoGP selama 5 Tahun

Tangan kanan Rossi sekaligus CEO VR46, Alberto Tebaldi, mengatakan berkat dukungan sponsor baru itu, tim VR46 akan membalap di MotoGP selama lima tahun, dimulai pada 2022.

Seperti diketahui, sejak Seri Qatar pada 26-28 Maret lalu, tim VR46 baik di MotoGP maupun Moto2 telah mulai disponsori oleh Tanal Entertainment Sport & Media, yakni perusahaan milik Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud.

Perusahaan ini memang belakangan sedang giat-giatnya mempromosikan 'Saudi Vision 2030', yang fokus pada pariwisata Arab Saudi, begitu pula industri konstruksi dan teknologi ramah lingkungan.

"Kami selalu bermimpi tiba di MotoGP, dalam pandangan pengembangan tim dan akademi kami, itu akan bermanfaat untuk pembalap-pembalap kami," kata Tebaldi, seperti dilansir GP One, Rabu (28/4/2021).

"Gairah untuk punya tim di Moto3 datang karena para pembalap kami membutuhkannya, kemudian dimulai dengan cepat dan lanjut ke Moto2. Semuanya bergerak cepat dan kami mulai bicara tentang betapa menyenangkan membalap di MotoGP," imbuh dia.

 

3 dari 7 halaman

2. Nama Resmi

Nama resmi untuk tim milik Valentino Rossi tersebut juga sudah dipilih. Mereka akan menggunakan nama Aramco Racing Team 46 pada MotoGP 2022.

"Pada 2022, VR46 Team akan menjalani debut di kelas MotoGP bersama Tanal Entertainment Sport & Media dengan Saudi Aramco sebagai sponsor utama baru untuk periode 2022-2026: ARAMCO Racing Team VR46 akan turun lintasan didukung oleh sponsor-sponsor dunia penting lainnya," tulis pihak Tanal Entertainment Sport & Media. 

"Saudi Aramco, perusahaan yang sudah terlibat sangat dalam dunia balap, termasuk Formula 1, akan masuk ke Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 lewat VR46 Team."

 

 

4 dari 7 halaman

3. Pabrikan Apa yang Akan Digandeng?

Dalam pernyataan resminya, Tanal Entertainment Sport & Media belum menyebutkan pabrikan mana yang jadi pilihan dan berapa motor yang akan diturunkan di MotoGP 2022. 

Menurut rumor yang beredar, ada beberapa pabrikan yang bisa diajak bekerja sama. Tapi, kemungkinan ada tiga pabrikan yang mau menjadikan Aramco Racing Team 46 sebagai tim satelitnya, yaitu Aprilia, Ducati, dan Suzuki. 

Namun, ada kabar lain yang menyebut bisa saja Yamaha yang akan menggandeng tim milik Rossi. Sampai sekarang, Yamaha belum memperpanjang kerja sama dengan Petronas SRT. 

Pabrikan yang akan digandeng tim milik Rossi kabarnya akan diumumkan saat MotoGP Prancis, pertengahan Mei mendatang. 

 

5 dari 7 halaman

4. Siapa Pembalapnya?

Satu nama yang digadang-gadang menjadi pembalap Aramco Racing Team 46 adalah Luca Marini, adik Valentino Rossi. Lalu siapa tandemnya? 

Namun, jika benar tim VR46 bertahan di Ducati, maka kemungkinan besar line-up pembalapnya juga takkan berubah: Luca Marini akan tetap bertandem dengan Enea Bastianini.

Bastianini bukan anggota VR46 Riders Academy. Namun, juara dunia Moto2 2020 itu terikat kontrak dengan Ducati. VR46 dikabarkan meminta setidaknya satu motor Desmosedici spek pabrikan.

Keputusan soal siapa yang akan meraihnya pada 2022 akan diambil berdasarkan siapa di antara Marini dan Bastianini yang meraih hasil lebih baik pada 2021.

   

6 dari 7 halaman

5. Valentino Rossi Masuk Jadi Pembalap?

Balapan MotoGP Jerez, akhir pekan ini, punya makna penting untuk pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi. Jika kembali gagal kompetitif, ia bisa mengakhiri kariernya di MotoGP 2021.

Pertanyaannya jika memang pada akhirnya mengikuti MotoGP 2022, tim mana yang akan diperkuat Valentino Rossi? Kans sang pembalap untuk kembali memperkuat Petronas tampaknya sangat kecil.

Sejatinya Petronas memang ingin mengorbitkan pembalap muda. Apalagi kolaborasi antara Petronas dan Yamaha juga belum menentu.

Ditambah fakta, Valentino Rossi baru saja mengumumkan, tim miliknya Aramco Racing Team VR46 bakal turun di MotoGP 2022.

Meski tim yang mendapat dukungan perusahaan Arab Saudi ini juga belum jelas bakal bekerja sama dengan tim pabrikan mana, diyakini Valentino Rossi akan gabung tim Aramco Racing Team VR46 pada MotoGP 2022 sebelum akhirnya pensiun penghujung tahun itu. 

Sumber: GP One, Speedweek, Corsedimoto

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Kelebihan Mario Suryo Aji, Rider Indonesia yang Punya Gaya Balap Mirip Marc Marquez

Video Populer

Foto Populer