Sukses


Fabio Quartararo Usai Sabet Pole Position MotoGP Prancis: Lap Terakhir Pertaruhan Antara Posisi Pertama atau Kecelakaan

Bola.com, Jakarta - Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo menahbiskan dirinya sebagai raja sesi kualifikasi pada musim 2021.

Terbaru pada sesi kualifikasi MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Prancis, hari Sabtu (15/05/2021), ia kembali mencatat pole position.

Ini merupakan pole position ketiga sang pembalap secara berturut-turut pada tiga balapan terakhir. Dan yang pasti, Fabio Quartararo punya kans besar meraih kemenangan pada balapan kandangnya, MotoGP Prancis, besok.

Diwawancara di parc ferme usai raih pole position MotoGP Prancis, Fabio Quartararo menyebut jalannya sesi kualifikasi sangat sulit. Cuaca yang cepat berubah membuat tim dan pembalap harus cermat soal strategi.

Fabio Quartararo sendiri mengaku mempertaruhkan dirinya pada lap terahir sesi kualifikasi. Hanya ada dua pilihan dibenaknya kala itu: kecelakaan atau posis pertama.

"Tentu saya sangat senang. Apalagi awal sesi kualidikasi, saya sempat gugup (karena kondisi cuaca berubah). Saya sadar ini bakal sulit," kata Fabio Quartararo.

"Lalu kemudian pada sektor terakhir, saya hanya berusaha maksimal. Di situ saya berpikir bakal raih pole position atau kecelakaan."

"Saya bahkan tidak tahu apakah bisa start baris depan (tiga besar). Pada akhirnya saya bisa pole position. Sebuah kebanggaan meraih pole position ketiga secara berturut-turut di balapan kandang saya," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Jalannya Sesi Kualifikasi

Sesi kualifikasi pertama atau Q1 masih berlangsung pada trek basah. Alhasil pembalap menggunakan ban kompon basah dan persaingan memperebutkan posisi dua teratas sangat ketat.

Beberapa pembalap bergantian menempati urutan dua teratas. Namun yang lolos dari Q1 justru dua nama mengejutkan. Adalah pembalap Aprilia, Lorenzo Savadori lewat catatan 1 menit 42,550 detik dan Luca Marini berkat lap 1 menit 43,352 detik.

Nama-nama pembalap top seperti Joan Mir, Alex Rins, sampai Pecco Bagnaia justru gagal lolos ke Q2. Awal Q2, pembalap sempat menggunakan ban kompon basah. Tapi kemudian trek mengering sehingga pembalap kembali masuk pit untuk memakai ban slick.

Jack Miller membukukan lap fantastis 1 menit 35,472 untuk memimpin Q2 MotoGP Prancis. Pada momen ini, semua pembalap mulai menunjukkan catatan waktu yang begitu kompetitif.

Jack Miller pun mempertajam lap terbaiknya menjadi 1 menit 34,374 detik. Hanya saja Johann Zarco dan Pol Espargaro bergantian mengambil alih posisi pertama.

Pol Espargaro yang memperkuat Repsol Honda memiliki catatan 1 menit 33,150 detik untuk berada di urutan pertama. Namun kemudian rekan setimnya, Marc Marquez naik ke urutan pertama lewat lap 1 menit 33,037 detik.

Posisi 1-3 pun diisi oleh semua pembalap Honda: Marc Marquez, Takaaki Nakagami, dan Pol Espargaro. Komposisi ini tampak terlihat bakal bertahan sampai akhir.

Namun ternyata Fabio Quartararo memiliki lap terbaik 1 menit 32,600 detik untuk meraih pole position MotoGP Prancis. Disusul Maverick Vinales di urutan kedua dan Jack Miller di posisi ketiga. Duo pabrikan Yamaha pun akan memulai balapan hari Minggu dari posisi 1-2. 

Video Populer

Foto Populer