Sukses


Aneka Drama yang Terjadi di MotoGP Prancis: Ruwetnya Balapan Flag to Flag hingga Nasib Nahas Marc Marquez

Bola.com, Le Mans - Balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021), berlangsung menarik dan penuh drama. Pembalap Ducati, Jack Miller, akhirnya keluar sebagai kampiun. 

Kemenangan Jack Miller tersebut terasa istimewa karena ini dua kali beruntun dirinya naik podium utama. Pada seri keempat MotoGP 2021 di Jerez, Miller juga berhasil naik podium utama. 

Miller menjadi pembalap Australia pertama yang bisa menang back to back di MotoGP sejak Casey Stoner pada 2021. Bahkan, sang pembalap merasa tak percaya dapat menorehkan catatan istimewa tersebut. 

Podium kedua dan ketiga menjadi milik pembalap tuan rumah. Johann Zarco menjadi runner up, sedangkan Fabio Quartararo finis ketiga. 

Namun, balapan tak sesimpel itu. Berikut ini aneka drama yang menghiasi balapan MotoGP Prancis, yang dikutip dari berbagai sumber. 

2 dari 5 halaman

1. Balapan Flag to Flag

Balapan flag to flag atau pertukaran motor lantaran awal lomba trek kering kemudian hujan turun tersaji pada seri kelima MotoGP 2021 di Sirkuit Le Mans, Prancis.

Balapan di Le Mans diawali di lintasan kering. Namun, pada lap keempat hujan turun membasahi trek. Alhasil, pada lap kelima Race Direction memutuskan balapan flag to flag.

Para pembalap pun bisa masuk ke pit untuk mengganti motor yang pas untuk lintasan kering. 

3 dari 5 halaman

2. Banyak Pembalap Terjatuh

Melaju di lintasan basah ternyata tidak mudah. Buktinya dua pembalap Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins, serta rider Repsol Honda, Marc Marquez gagal merampungkan balapan karena terjatuh. 

Alex Rins terjatuh ketika baru saja keluar dari fit setelah flag to flag. Marc Marquez juga terjatuh, padahal pembalap Spanyol itu sempat memimpin jalannya lomba.  

Selain mereka bertiga, Aleix Espargaro, Miguel Oliveira, dan Lorenzo Savadori juga terjatuh dan tidak bisa merampungkan balapan.

4 dari 5 halaman

3. Long Lap Penalty

Drama lain yang menghiasi balapan MotoGP Prancis adalah long lap penalty. Sang juara, Jack Miller, kena dua kali long lap penalti. Hal yang sama juga dialami rekan setimnya, Francesco Bagnaia. 

Keduanya mendapat hukuman tersebut karena memasuki pit dengan kecepatan di atas 60 km/jam.

Pembalap Monster Energy Yamaha juga kena long lap penalty. Namun, alasannya berbeda. Dia kena hukuman itu akibat salah posisi motor saat flag to flag. 

 

5 dari 5 halaman

4. Nasib Nahas Marc Marquez

Nahas nian nasib pembalap Repsol Honda, Marc Marquez pada balapan MotoGP Prancis 2021 di Sirkuit Le Mans. 

Bagaimana tidak, ia telah membuang kesempatan pertama untuk meraih kemenangan sejak comeback balapan usai cedera lengan kanan.

Singkat cerita, balapan MotoGP Prancis berjalan flag to flag atau pertukaran motor lantaran awal lomba trek kering kemudian hujan turun.

Nah usai momen ganti motor di lap 6, Marc Marquez kembali ke trek dengan menempati posisi pertama disusul Fabio Quartararo yang berada di urutan kedua.

Sempat terlihat Marc Marquez bakal sulit dikalahkan. Apalagi situasi flag to flag memang begitu akrab bagi juara dunia MotoGP enam kali itu.

Hanya saja malapetaka pertama hadir pada lap 9. Saat melibas tikungan 14, ia mengalami highside dan keluar trek. Beruntung ia masih sempat kembali ke trek.

Marc Marquez pun perlahan mulai memperbaiki posisi. Dia bahkan tidak butuh waktu lama untuk menempati urutan sebelas dan berusaha tembus sepuluh besar.

Tapi nasib sial kembali dirasakan kakak Alex Marquez itu pada balapan MotoGP Prancis. Lap 19 pada tikungan 6, Marc Marquez kembali terjatuh saat berusaha merangsek ke 10 besar. Kini perjuangannya benar-benar berakhir.

Saat masuk ke garasi tim Repsol Honda, ia tampak sangat kecewa. Sang pembalap sadar betul telah membuang kesempatan emas untuk meraih kemenangan.

Dia hanya duduk sebentar, menutupi mukanya tanda frustrasi. Kemudian ia meninggalkan semua kru timnya tanpa berbicara sepatah kata pun. 

Sumber: MotoGP

Video Populer

Foto Populer