Sukses


Valentino Rossi soal Balapan Flag to Flag MotoGP Prancis: Bahaya, Saya Tidak Suka

Bola.com, Jakarta - Valentino Rossi belum kunjung merasakan hasil positif pada MotoGP 2021. Terbaru pembalap Petronas Yamaha SRT itu hanya finis posisi sebelas pada balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, hari Minggu (16/05/2021).

Balapan MotoGP Prancis sendiri berlangsung pada kondisi sulit. Dimulai memakai ban kotak lantaran trek kering, semua pembalap dipaksa mengganti motor dengan kompon ban basah atau dikenal flag to flag race.

Perjuangan Valentino Rossi sudah berat sejak awal balapan MotoGP Prancis. Menempati posisi tujuh, ia mengalami kontak dengan rekan setimnya dari Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli dan Pol Espargaro.

Sejak momen ini, The Doctor tidak pernah lagi bisa merangsek ke baris depan. Nah usai balapan, Valentino Rossi mengkritik regulasi flag to flag yang ia nilai sangat berbahaya.

"Secara pribadi saya tidak suka balapan flag to flag, alasannya karena lebih berbahaya. Lebih dari stres, itu sulit, itu lebih berbahaya, terkadang kita harus balapan dengan ban botak pada kondisi trek basah atau sebaliknya," kata Valentino Rossi.

Valentino Rossi mengaku lebih senang format lama, di mana biasanya Direktur Lomba meminta semua pembalap masuk ke pit masing-masing jika hujan turun untuk melihat kondisi. Dari situ baru dinilai apakah balapan terus memakai ban botak atau kompon basah.

"Saya lebih suka balapan berjalan 45 menit yang lebih lama, karena Anda dapat mengikuti ritme Anda, Anda dapat melakukan strategi Anda, ini (flag to flag) lebih rumit," ujar juara dunia sembilan kali itu.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Ciri Khas MotoGP Prancis

Valentino Rossi pun pada akhirnya tidak bisa mengeluh lebih banyak lagi. Karena cuaca berubah sangat cepat memang sudah jadi ciri khas MotoGP Prancis.

"Balapan itu membingungkan dan sulit, tetapi ini adalah Le Mans dan sudah seperti ini sejak Jumat. Mungkin saya bisa melakukannya lebih baik dengan ban (basah kompon) medium, tapi mudah untuk mengatakannya setelah balapan," jelas Valentino Rossi.

Hanya finis posisi sebelas MotoGP Prancis membuat Valentino Rossi masih terpuruk di posisi 20 klasemen lewat torehan sembilan poin.

Sumber: Bikesport News

Video Populer

Foto Populer