Sukses


Hasil MotoGP Catalunya: Miguel Oliveira Menang Saat Fabio Quatararo Gagal Podium, Marc Marquez dan Valentino Rossi Apes

Bola.com, Jakarta - KTM bangkit pada balapan seri ketujuh MotoGP 2021 di Sirkuit Catalunya, Barcelona hari Minggu (06/06/2021). Sempat terpuruk awal musim, pembalap pabrikan KTM, Miguel Oliveira sukses menang MotoGP Catalunya lewat cara luar biasa. 

Luar biasa karena strateginya memakai ban kompon keras untuk bagian depan dan belakang terbukti jadi kunci untuk mengalahkan Fabio Quartararo yang kali ini harus puas finis keempat. 

Fabio Quartararo sebenarnya finis ketiga, tapi ia mendapat penalti lantaran memotong tikungan. Pada akhirnya posisi kedua dan ketiga balapan MotoGP Catalunya diisi Johann Zarco dan Jack Miller.   

Sementara itu hasil buruk didapat dua pembalap papan atas: Marc Marquez dan Valentino Rossi. Keduanya sama-sama gagal finis pada balapan kali ini. 

Buat Marc Marquez, ia berarti sudah tiga balapan terakhir tidak finis. Sementara Valentino Rossi kembali meraih hasil buruk di trek yang mana ia punya rekam jejak baik.  

2 dari 4 halaman

Jalannya Balapan

Fabio Quartararo yang memulai balapan MotoGP Catalunya sebagai pole position turun ke posisi ketiga selepas Tikungan 1. Pembalap KTM, Miguel Oliveira unjuk gigi untuk memimpin balapan.

Miguel Oliveira punya kecepatan fantastis. Menggunakan kombinasi ban depan dan belakang kompon keras, ia sudah unggul satu detik pada lap ketujuh.

Pada fase ini, Fabio Quartararo dan Joan Mir menempati posisi kedua dan ketiga. Keduanya diancam Jack Miller yang terus menempel di posisi keempat.

Lap kedelapan, Marc Marquez mengalami kecelakaan di Tikungan 10 ketika sedang bersaing untuk finis lima besar. Praktis tiga balapan terakhir, pembalap Repsol Honda itu selalu gagal finis.

Balapan menyisakan 15 lap lagi, Quartararo dan Mir mulai memangkas gap dari Oliveira. Kini selisih antara Oliveira dengan Quartararo hanya 0,3 detik.

Tidak berselang lama, pembalap asal Prancis itu sukses mengasapi Oliveira untuk mengambil alih predikat pimpinan balapan. Oliveira ogah menyerah. Lap 14, ia memanfaatkan sektor lurus untuk balik mengasapi Quartararo.

Sementara itu persaingan memperebutkan possi ketiga tidak kalah menarik. Di lap 16, Johann Zarco berada di posisi ketiga disusul Jack Miller dan Joan Mir.

Adapun lap 17, Valentino Rossi harus menerima kenyataan mengalami kecelakaan saat melahap Tikungan 10. Ini sebuah tamparan keras mengingat ia punya rekam jejak bagus di MotoGP Catalunya.

Lima lap terakhir, Oliveira terus menjauh dari Quartararo. Sebaliknya Quartararo justru terancam oleh kehadiran Zarco di posisi ketiga. Benar saja, pembalap Pramac itu sukses menyalip rekan senegaranya itu pada lap 22.

Quartararo pada akhirnya harus menyerahkan podium ketiga pada Jack Miller. Karena ia mendapat penalti tiga detik setelah memotong tikungan. 

Oliveira pun mengakhirin balapan MotoGP Catalunya sebagai pemenang sekaligus kemenangan perdana untuk KTM musim ini. Adapun posisi kedua dan ketiga diisi Jack Miller dan Jack Miller.  

3 dari 4 halaman

Hasil Balapan MotoGP Catalunya

  1. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) 40 menit 21,749 detik 
  2. Johann Zarco (Pramac Ducati) +0,175 detik
  3. Jack Miller (Ducati Team) +1,990 detik
  4. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +4,815 detik
  5. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +5,325 detik
  6. Maverick Vinales (Monster Yamaha) +6,281 detik
  7. Pecco Bagnaia (Ducati Team) +8,175 detik
  8. Brad Binder (KTM) +8,378 detik
  9. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) +15,652 detik
  10. Enea Bastianini (Avintia Ducati) +19,297 detik
  11. Alex Marquez (LCR Honda) +21,650 detik
  12. Luca Marini (Sky VR46 Avintia Ducati) +22,533 detik
  13. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +27,833 detik
  14. Jorge Martin (Pramac Ducati) +29,075 detik
  15. Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini) +40,291 detik

Tidak Finis

  • Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)
  • Danilo Petrucci (KTM Tech3)
  • Pol Espargaro (Repsol Honda)
  • Marc Marquez (Repsol Honda)
  • Iker Lecuona (KTM Tech3)
  • Valentino Rossi (Petronas Yamaha)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer