Sukses


MotoGP: Maverick Vinales Tinggalkan Yamaha, Ini 4 Kandidat Penggantinya

Bola.com, Jakarta - Yamaha Motor Racing resmi mengumumkan Maverick Vinales akan hengkang dari Monster Energy Yamaha pada akhir musim ini. Padahal pembalap Italia itu sebenarnya masih terikat kontrak hingga 2022. 

Kini, pertanyaan muncul, siapa yang akan jadi pengganti Maverick Vinales di Monster Energy Yamaha?

Valentino Rossi, yang membela tim pabrikan Yamaha pada 2004-2010 dan 2013-2020, serta kini tengah membela Petronas Yamaha SRT, sudah menegaskan pada Minggu (27/6/2021), bahwa masa depannya takkan terpengaruh oleh keputusan Vinales. Ia tampaknya cenderung memilih pensiun akhir musim nanti.

Alhasil, Rossi tak memungkinkan untuk kembali ke tim pabrikan Yamaha pada 2022. Berikut ini nama-nama pembalap yang layak jadi pengganti Maverick Vinales di Monster Energy Yamaha tahun depan.

Siapa saja sih mereka? Berikut ulasannya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 5 halaman

1. Franco Morbidelli

Mengingat Rossi mulai memberi 'kode' akan pensiun akhir musim ini, Yamaha hanya punya satu rider berpengalaman yang bisa jadi tandem Quartararo, yakni Franco Morbidelli, yang saat ini masih membela Petronas Yamaha SRT.

Morbidelli telah memasuki musimnya yang keempat di MotoGP, sekaligus yang ketiga bersama Yamaha. Juara dunia Moto2 2017 itu membuktikan potensinya yang besar dengan menjadi runner up MotoGP tahun lalu, meski sekadar mengendarai YZR-M1 versi 2019.

 

3 dari 5 halaman

2. Raul Fernandez

Meski ngotot bertahan di Moto2 bersama Red Bull KTM Ajo di sela gosip dirinya naik ke MotoGP 2022 bersama Tech 3 KTM Factory Racing, bukan rahasia lagi bahwa Raul Fernandez juga tengah diincar oleh Yamaha. Pabrikan Jepang itu sedang berupaya menyediakan 500.000 euro untuk membeli kontraknya dari KTM.

Fernandez tadinya hendak diturunkan di Petronas Yamaha SRT untuk jadi pengganti Rossi yang cenderung gantung helm. Namun, jika melihat performanya yang eksplosif di Moto2 sebagai debutan, rider berusia 20 tahun itu juga layak dapat tempat di tim pabrikan seperti Monster Energy Yamaha.

 

4 dari 5 halaman

3. Toprak Razgatlioglu

Sudah jadi rahasia umum rider Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, merupakan pembalap WorldSBK yang belakangan paling sering diharapkan pindah ke MotoGP setelah Jonathan Rea tak lagi memburu kesempatan di MotoGP akibat terkendala usia yang tak lagi muda.

Masih berusia 24 tahun, ia diketahui punya talenta hebat. Ia berkali-kali nyaris dapat kans jadi rider pengganti di MotoGP, namun selalu terkendala sponsor. Kini ia tengah duduk di peringkat kedua klasemen WorldSBK, setelah meraih tujuh podium, termasuk satu kemenangan, dari sembilan balapan yang sudah digelar sejauh ini.

 

5 dari 5 halaman

4. Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso diketahui memilih vakum dari MotoGP 2021 usai delapan tahun membela Ducati. Kini, ia menjabat sebagai test rider Aprilia dengan harapan bisa kembali balapan secara penuh pada 2022.

Namun, mengingat Vinales santer digosipkan jadi opsi utama Aprilia sebagai tandem Aleix Espargaro, nasib Dovizioso kembali terkatung-katung.

Namun, pengalaman Dovizioso yang seabrek bisa dimanfaatkan oleh Yamaha, apalagi rider Italia ini sempat membela Monster Yamaha Tech 3 pada 2012 dan tampil kompetitif lewat enam podium. Dovizioso berkali-kali mengaku ingin membela tim pabrikan Yamaha, namun batal akibat Rossi yang kembali pada 2013, hingga ia 'terpaksa' menerima tawaran Ducati.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Anindhya Danartikanya, published 28/6/2021)

 

Video Populer

Foto Populer