Sukses


Ada yang Hanya Berselisih 0,013 Detik, Ini 5 Kemenangan Paling Dramatis Valentino Rossi di MotoGP

Bola.com, Jakarta - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, memutuskan untuk pensiun pada akhir musim ini. Dari puluhan balapan yang pernah dijalani Rossi pada ajang MotoGP, beberapa di antaranya diraih dengan cara yang dramatis.

Sejak awal musim ini, Valentino Rossi santer disebut ingin menyudahi kariernya di dunia balap. Hal tersebut tak lepas dari sulitnya The Doctor bersaing meraih posisi terdepan.

Rossi harus bekerja keras untuk bisa menembus posisi lima besar. Bahkan, peringkat terbaik pembalap berusia 42 tahun tersebut di MotoGP 2021 adalah urutan ke-10 di Sirkuit Mugello pada 30 Mei lalu.

Hanya mampu meraih 17 poin dari sembilan seri yang sudah dijalani membuat Valentino Rossi kini terdampar di peringkat 19 klasemen sementara pembalap. Bagi Rossi, itu adalah posisi terburuk sepanjang kariernya di dunia balap (kelas 125cc, 250cc, 500cc, MotoGP).

Hingga akhirnya jelang balapan MotoGP Styria, Valentino Rossi mengumumkan pensiun pada Kamis (5/8/2021) malam WIB.

"Level MotoGP saat ini sangat tinggi. Banyak pembalap muda masuk dan bekerja sangat keras. Jadi memang tidak ada alasan khusus, tapi ada beberapa faktor," jelas Rossi.

Sebelum performanya yang terus menurun, Valentino Rossi merupakan pembalap yang rutin meraih podium, termasuk posisi pertama. Bahkan beberapa di antaranya diraih Rossi secara dramatis.

Berikut ini adalah lima kemenangan dramatis Valentino Rossi sepanjang kariernya di MotoGP.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 6 halaman

MotoGP Jerman 2009

(Menang dengan margin 0,099 detik atas Jorge Lorenzo)

Balapan MotoGP Jerman 2009 tersebut berlangsung seru, terutama pada lap terakhir. Rossi bersaing ketat dengan rekan setimnya, Jorge Lorenzo, yang terus berusaha menyalipnya. Namun, The Doctor dengan taktis mampu mempertahankan posisinya.

Valentino Rossi menang dengan selisih 0,099 detik atas Lorenzo. Kemenangan itu terasa lebih spesial karena Rossi menyamai rekor legenda balap motor, Giacomo Agostini, yaitu 159 kali finis di podium.

 

3 dari 6 halaman

MotoGP Australia 2004

(Menang dengan margin 0,097 atas Sete Gibernau)

Valentino Rossi kembali terlibat dengan duel Sete Gibernau, kali ini pada MotoGP Australia, yang berlangsung di Sirkuit Phillips Island. The Doctor menjadi kampiun setelah mengalahkan Gibernau dengan selisih 0,097 detik.

 

4 dari 6 halaman

MotoGP Catalunya 2009

(Menang dengan margin 0,095 detik atas Jorge Lorenzo)

Duel antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di MotoGP Catalunya 2009 dinilai sebagai salah satu yang cukup legendaris. Saat itu, Rossi berhasil menyalip Lorenzo di tikungan terakhir lap terakhir, saat Lorenzo mungkin berpikir tak terkejar lagi.

Duel kedua pebalap diwarnai aksi salip hingga berkali-kali. Pertarungan itu mencapai titik puncak pada lap terakhir. Rossi di luar dugaan melakukan manuver agresif untuk menyalip di tikungan terakhir dan melewati garis finis pertama. Dia hanya unggul 0,095 detik atas Lorenzo.

 

5 dari 6 halaman

MotoGP Republik Ceska 2003

(Menang dengan margin 0,042 detik atas Sete Gibernau)

Balapan MotoGP Rep Ceska pada 2003 mewarnai persaingan menarik antara Valentino Rossi dan Sete Gibernau. Rossi mampu memetik kemenangan dramatis setelah finis 0,042 detik di depan Gibernau.

 

6 dari 6 halaman

MotoGP Australia 2001

(Menang dengan margin 0,013 detik atas Max Biaggi)

Balapan ini menjadi yang paling menarik dan ketat sepanjang musim 2001. Total, masih ada tujuh pebalap yang memburuk kemenangan pada lap terakhir.

Namun, duel sejati akhirnya tersaji antara Rossi dan Biaggi. Biaggi benar-benar ngotot menggeber motornya dan hanya Rossi yang mampu mengimbanginya. Dalam pertarungan ini, Rossi sebenarnya tak perlu terlalu ngotot. Dia hanya butuh finis lebih baik daripada posisi kedelapan untuk menyegel titel juara dunia 2001.

Tapi, Rossi tetaplah The Doctor yang selalu ingin jadi pemenang. Dia berhasil menyalip Biaggi di dua tikungan terakhir dan menyentuh garis finis pertama dengan selisih 0,013 detik. Benar-benar balapan yang menarik dan menegangkan.

Detik-Detik Fabio Quartararo Kunci Gelar Juara MotoGP 2021

Video Populer

Foto Populer