Sukses


Motor Terbakar tapi Dani Pedrosa Boleh Melanjutkan Balapan MotoGP Styria 2021, Bisa Ya? Ini Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Tampil dengan fasilitas wildcard bersama KTM, Dani Pedrosa terlibat insiden mengerikan yang melibatkan pembalap Aprilia, Lorenzo Savadori pada balapan MotoGP Styria di Sirkuit Red Bull Ring hari Minggu (09/08/2021) lalu.

Singkat cerita, Dani Pedrosa mengalami kecelakaan di Tikungan 3 pada lag ketiga balapan MotoGP Styria 2021. Akibatnya, motor KTM RC16 milik pembalap asal Spanyol itu terdampar di trek.

Kejadian hanya sepersekian detik, sehingga petugas sirkuit belum sempat mengevakuasi motor milik Dani Pedrosa. Ya, Lorenzo Savadori yang keluar Tikungan 3 dalam kondisi tidak melihat ada motor Pedrosa di trek.

Lorenzo Savadori pun menghajar motor tersebut, sehingga muncul kobaran api dari dua motor milik pembalap asal Italia itu dan Pedrosa. Red flag berkibar dan balapan sempat terhenti cukup lama sebelum restart.

Nah pertanyaan pun muncul, kenapa setelah motor terbakar hebat, Dani Pedrosa masih bisa mengikuti balapan MotoGP Styria ketika restart? Jawaban pertama karena Dani Pedrosa dalam kondisi fit, sementara Savadori memang dibebat cedera sehingga tidak bisa melanjutkan balapan.

Kedua regulasi menuliskan dalam kasus insiden MotoGP Styria, hasil balapan yang dianggap baru berjalan 2 lap karena kecelakaan terjadi saat lap ketiga belum selesai.

Grid yang digunakan 2 lap sebelum red flag artinya restart dengan grid hasil qualifikasi. Karena itulah, Dani Pedrosa masih bisa mengikuti balapan tanpa mengikuti syarat pembalap wajib masuk pit dengan motornya dalam kondisi red flag jika ingin melanjutkan balapan.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Komentar Dani Pedrosa

Dani Pedrosa sendiri buka-bukaan dirinya masih belum tahu penyebab kecelakaan yang ia rasakan pada balapan MotoGP Styria. Untuk diketahui, setelah restart, akhirnya test rider KTM itu berhasil finis posisi sepuluh.

"Jadi, ya, awal yang buruk di balapan pertama karena saya tidak tahu mengapa saya mengalami kecelakaan ini," ujar Dani Pedrosa.

"Saya pikir itu lap ketiga dan mungkin saya menyentuh garis dalam atau mungkin suhu ban masih terlalu dingin pada bagian kanan. Saya menggunakan kompon keras di bagian depan dengan kondisi yang lebih dingin hari ini (balapan kemarin)."

"Saya berputar di tengah lintasan, sayangnya Savadori menabrak motor saya dan dia terluka, jadi saya minta maaf untuknya," lanjut eks pembalap Repsol Honda itu.

Sumber: Motorsport

Video Populer

Foto Populer