Sukses


Pertamina Mandalika Umumkan Komposisi Pembalap untuk Moto2 2022, Gabriel Rodrido Gantikan Tom Luthi

Bola.com, Jakarta - Tim balap asal Indonesia, Pertamina Mandalika SAG Team mengumumkan komposisi pembalap untuk Moto2 2022. Pada tahun kedua Pertamina Mandalika ikut kelas Moto2 ini, dua kursi pembalap diisi Bo Bendsneyder dan Gabriel Rodrigo.

Buat Bo Bendsneyder, pembalap Belanda berdarah Indonesia, Moto2 2022 bakal jadi musim kedua di tim Pertamina Mandalika.

Sementara Gabriel Rodrigo bakal naik kelas setelah musim ini mengikuti kelas Moto3 dan merasakan masing-masing satu podium plus satu pole position sejauh ini. Rodrigo menggantikan Tom Luthi yang memutuskan pensiun penghujung Moto2 2021. 

Presiden Pertamina Mandalika, Rapsel Ali menceritakan pihaknya sempat mencoba untuk menempatkan pembalap Indonesia di tim untuk Moto2 2022.

"Beberapa pekan terakhir, kita memang sudah coba dan mendorong agar pembalap Indonesia bisa gabung Pertamina Mandalika di Moto2 2022. Seperti Dimas Ekky Pratama yang juga anggota Mandalika Racing Academy," kata Rapsel Ali kepada wartawan hari Minggu (29/08/2021).

"Tapi Komisi Grand Prix yang salah satunya diisi Dorna punya syarat ketat buat seorang pembalap bisa ikut kelas Moto3, Moto2 sampai MotoGP. Intinya mereka menilai pembalap Indonesia belum memenuhi syarat untuk ikut Moto2," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Syarat Ketat Ikut Moto2

Syarat ketat yang dimaksud adalah seorang pembalap wajib punya rekam jejak bagus pada event balap yang diikuti pada tahun ini. Contoh Dimas Ekky yang turun di FIM CEV Moto2 2021.

Dimas Ekky memang secara konsisten meraih poin dan kini berada di sepuluh besar klasemen, tapi ia belum pernah merasakan podium. Hal ini membuat Komisi Grand Prix menilai Dimas Ekky tidak masuk kriteria untuk mentas di Moto2 2022.

"Sebagai gambaran pembalap yang podium di FIM CEV Moto2 seperti Taiga Hada atau Adam Norrodin saat tampil di Moto2 musim ini masih menempati posisi belakang. Jadi memang persaingan Moto2 sangat ketat dan Dorna punya syarat tinggi buat pembalap yang ingin tampil di sini," Direktur Pertamina Mandalika, Kemalsyah Nasution menambahkan.

"Jadi kita akan kembali lagi, pembinaan pembalap Indonesia memang harus ditingkatkan lagi," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Dimas Ekky Kembali Ikuti FIM CEV Moto2

Meskipun begitu manajemen Pertamina Mandalika berencana kembali menempatkan Dimas Ekky untuk mengikuti FIM CEV Moto2 pada musim 2022. Harapannya sang pembalap bisa konsisten naik podium dan setidaknya berada di lima besar klasemen.

"Kalau Dimas Ekky bisa meraihnya pada musim 2022, kans untuk memperkuat Pertamina Mandalika di kelas Moto2 2023 sangat terbuka lebar," lanjut Kemalysah.

Video Populer

Foto Populer