Sukses


Franco Morbidelli Sebut Jangan Tertipu Melihat Andrea Dovizioso Bersama Yamaha

Bola.com, Jakarta - Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli, mengimbau penggemar MotoGP untuk tidak meremehkan penggantinya di Petronas Yamaha SRT, Andrea Dovizioso.

Meski sekadar mengendarai YZR-M1 versi 2019 di sisa musim ini, Andrea Dovizioso dinilai Franco Morbidelli menunjukkan performa yang menjanjikan.

Mengingat ia menggantikan Morbidelli yang pindah ke tim pabrikan, 'Dovi' harus menaati regulasi alokasi mesin. Alhasil, ia hanya boleh naik M1 2019, yang dikendarai Morbidelli selama 2,5 tahun terakhir.

Pada balapan pertamanya di Misano, Dovizioso finis ke-21 dan tanpa poin. Namun, saat di Austin, ia tampil impresif.

Dalam balapan itu, tiga kali runner-up MotoGP itu mampu finis ke-13. Andai tak mengalami masalah kopling saat start, ia bahkan punya potensi finis di posisi 10 besar.

Atas alasan ini, Morbidelli sangat terkesan pada performanya dan tak segan-segan memberikan pujian pada rider berusia 35 tahun itu.

2 dari 3 halaman

Andrea Dovizioso Sangat Kuat

"Andrea Dovizioso bekerja dengan sangat baik. Saya kenal motor yang ia kendarai, dan saya rasa ia sangat kuat," kata Franco Morbidelli

"Dengan Ramon (Forcada, crew chief), ia telah mampu menemukan setup yang baik, yang juga membantunya meraih poin pada balapan kedua. Ia telah melakukan pekerjaan yang sangat baik," lanjutnya. 

Morbidelli yang menggantikan Maverick Vinales di tim pabrikan, juga harus menaati regulasi alokasi mesin. Kini, ia pun mengendarai M1 spek pabrikan versi 2021.

Ia merasakan perbedaan besar dengan motor lamanya. Sayang, ia belum bisa maksimal karena masih dalam masa pemulihan cedera lutut kiri. Rider 26 tahun ini juga tak memungkiri ia 'comeback' lebih awal dari saran dokter.

"Saya kembali balapan jauh lebih awal. Namun, menurut saya ini justru langkah yang tepat. Pasalnya, sangat penting untuk kembali naik motor sesegera mungkin. Saya tak bisa menghabiskan enam bulan tanpa motor. Saya tak mau itu terjadi," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Belum Fokus Hasil

Usai absen selama lima balapan, Morbidelli kembali di Seri San Marino, di mana ia sekadar finis ke-18. Di Austin, ia hanya finis ke-19.

Meski belum meraih poin sejak kembali, runner up MotoGP 2020 ini menyatakan dirinya memang tak fokus pada hasil, melainkan hanya ingin kembali beradaptasi pada performa motornya.

"Saat ini semuanya berjalan baik. Sudah jelas hasil saya memang tak baik, namun saya tak boleh terlalu fokus pada hasil. Ada banyak faktor yang saat ini sedang tak maksimal. Jadi, saya hanya harus memperbaiki diri. Tren performa saya penting dan menurut saya terus naik. Ini bikin saya percaya diri," pungkasnya.

Musim ini, Morbidelli baru meraih satu podium, yakni usai finis ketiga di Seri Jerez, Spanyol, saat masih membela Petronas SRT. Ia akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Emilia Romagna, yang kembali digelar di Sirkuit Misano pada 22-24 Oktober mendatang.

Sumber asli: Speedweek 

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, Published 11/10/2021)

Video Populer

Foto Populer