Sukses


Fabio Quartararo Bisa Kencang Bareng Yamaha di MotoGP 2021, tapi Kenapa Andrea Dovizioso Masih Kesulitan?

Bola.com, Jakarta - Ada satu fakta tidak bisa dimungkiri pada MotoGP 2021. Ketika Fabio Quartararo berjaya bersama tim pabrikan Yamaha dan bahkan meraih titel juara dunia pembalap, ada nama Andrea Dovizioso yang kesulitan bersama tim satelit Yamaha.

Tampil pada lima balapan terakhir bersama Petronas Yamaha SRT, hasil terbaik Andrea Dovizioso hanya posisi 12 di MotoGP Valencia atau seri terakhir.

Memang Fabio Quartararo mengendarai motor Yamaha YZR-M1 spesifikasi terbaru. Sementara Andrea Dovizioso hanya menggunakan YZR-M1 yang basisnya motor adalah spesifikasi tahun 2019.

Namun usai sesi tes MotoGP Jerez beberapa waktu lalu, Andrea Dovizioso menceritakan alasan kenapa dirinya kesulitan bersama motor Yamaha, sementara ada Fabio Quartararo yang berjaya.

"Situasi kami jelas berbeda. Dia (Fabio) bisa mengeluarkan potensi motor dengan mudah, ia dapat melakukan check sevcara detail, bekerja dari aspek itu, dan memahami seberapa besar peningkatan motor dengan material baru," kata Andrea Dovizioso.

"Satu sisi, saya masih kesulitan mengendarai motor dengan baik dan mengeluarkan potensi sebenarnya," lanjut eks pembalap Ducati.

2 dari 3 halaman

Fabio Hanya Kendarai Yamaha

Fakta Fabio Quartararo hanya mengendarai motor Yamaha sejak naik kelas ke MotoGP, menurut Andrea Dovizioso juga jadi perubahan besar.

Sebaliknya pembalap asal Italia itu sempat memperkuat Ducati selama delapan musim. Artinya Andrea Dovizioso harus mengenal lagi motor Yamaha.

"Dia dapat mengeluarkan potensi motor karena ia memang hanya mengendarai Yamaha. Anda bisa lihat, ia beradaptasi dengan karakteristik motor," Andrea Dovizioso memberikan analisis.

"Kami memiliki perasaan sama dengan motor, tapi keluhan saya lebih banyak pada beberapa sektor dan ia punya problem pada sektor lain. Ini normal karena saya mengendarai motor Yamaha belum dengan cara terbaik," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Motor Sama

Pada MotoGP 2022, Andrea Dovizioso masih memperkuat tim satelit Yamaha hanya saja dengan rebranding nama tim menjadi WithU Yamaha RNF MotoGP Team dari Petronas Yamaha SRT.

Disebutkan untuk musim depan, Andrea Dovizioso dibekali motor spesifikasi sama seperti dua pembalap pabrikan Yamaha: Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo.

Sumber: Corsedimoto

Video Populer

Foto Populer