Sukses


CIV, Kejurnas Balap Motor Italia yang Lahirkan Banyak Pembalap Top di MotoGP: Dari Valentino Rossi sampai Marco Melandri

Bola.com, Jakarta - Jika berbicara Italia dan Spanyol, dua negara ini seakan bergantian melahirkan banyak pembalap hebat yang akhirnya bisa berprestasi di ajang MotoGP.

Nah pembibitan pembalap melalui ajang balap berjenjang jadi kunci dua negara ini sangat kuat pada olahraga motorsport khususnya roda dua.

Ya, jika Spanyol punya CEV, Italia juga tidak mau kalah lantaran memiliki ajang Campionato Italiano Velocita (CIV).

Data memperlihatkan hampir semua pembalap Italia yang saat ini mentas pada ajang MotoGP pasti terlebih dahulu ikut CIV.

Bahkan beberapa pembalap Italia yang akhirnya punya rekam jejak apik di Kejuaraan Dunia juga lahir dari CIV. Sebut saja Valentino Rossi dan Marco Melandri.

Tahukah Anda, Valentino Rossi adalah juara CIV kelas 125cc tahun 1995. Lalu Marco Melandri merupakan juara CIV 125cc tahun 125cc.

Rossi seperti diketahui akhirnya jadi bintang besar dengan raihan sembilan titel juara dunia. Sementara Melandri berstatus juara dunia kelas 250cc musim 2022. Melandri juga pernah menjadi runner-up MotoGP musim 2005.

2 dari 3 halaman

Sejarah CIV

CIV kali pertama dilombakan pada tahun 1911 yang menjadikan ajang balap ini salah satu yang tertua di dunia.

Dalam perjalanannya, CIV menyediakan kelas balapan yang mendukung perjenjangan karier pembalap sebelum akhirnya turun di Kejuaraan Dunia Balap Motor, baik itu turunan MotoGP (Moto3, Moto2) atau World Superbike (World Supersport, World Supersport 300).

Saat ini bahkan CIV mempertandingkan kelas yang cukup komplet. Dari yang pembalap anak kecil di kelas Pre Moto3 sampai senior kelas Supersport 600 dan Superbike.

Bukan hanya komplet, persaingan ajang CIV juga sangat ketat. Inilah alasan banyak pembalap non Italia sampai harus mengikuti event ini untuk menambah jam terbang.

3 dari 3 halaman

Dukung Program Valentino Rossi

Keberadaan CIV secara langsung memberikan dukungan kepada Valentino Rossi yang memiliki akademi pembalap dan juga tim.

Tentu saja banyak pembalap didiknya yang mentas di CIV. Bahkan tim VR46 juga aktif mengikuti kelas Moto3 ajang CIV.

Bahkan pembalap yang memperkuat VR46, Elia Bartolini sukses menjadi juara umum kelas Moto3 ajang CIV 2021.

Pada 2022, Elia Bartolini sudah naik ke kelas Moto3 Kejuaraan Dunia Balap Motor. Dia akan memperkuat tim Avintia Esponsorama Moto3.

Hal sama buat anak didik Rossi lainnya, Alberto Surra yang juga mentas di Moto3 2022 dan gabung Rivacold Snipers Team.

Video Populer

Foto Populer