Sukses


Antisipasi Penonton MotoGP Mandalika Membeludak, Presiden Jokowi Minta Infrastruktur Menuju Sirkuit Maksimal

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyoroti berbagai persiapan untuk menyambut MotoGP Mandalika 2022. Ia meminta persiapan infrastruktur dapat rampung pada Februari. 

"Oleh sebab itu, ini harus disiapkan, dan saya minta tadi dalam bulan Februari, semuanya sudah bisa diselesaikan," kata Jokowi usai meninjau Homestay Desa Gerupuk Lombok Tengah NTB, disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden via Liputan6.com, Jumat (14/1.

Dia mengatakan jalan Bypass Bandara Internasional Lombok menuju Sirkuit Mandalika yang menjadi lokasi pelaksanaan MotoGP, akan dibenahi dan dipercantik. Jokowi ingin peserta dan penonton MotoGP disuguhi oleh pemandangan yang estetik selama perjalanan menuju Sirkuit Mandalika.

"Kami harapkan dari airport bandara menuju ke Mandalika, Sirkuit Mandalika itu betul-betul tamu diantarkan pada keindahan, pada estetika yang baik," jelasnya.

Dalam kunjungannya ke Lombok, dia juga memastikan kesiapan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Kabupaten Lombok Tengah dalam menyambut MotoGP. Pasalnya, bandara tersebut akan menjadi pintu masuk bagi peserta dan penonton MotoGP Mandalika.

"Mulai tadi saya cek langsung kedatangan di bandara, kemudian proses yang ada di dalam bandara. Saya lihat semuanya yang berkaitan dengan protokol kesehatan, yang berkaitan dengan cek untuk PCR, cek bahwa sudah vaksin 2 kali semuanya, urutannya sudah bagus," tutur Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

Transportasi

Ia meminta jajarannya untuk memastikan moda transportasi untuk penonton MotoGP, dari Bandara Internasional Lombok menuju Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini mengingat ada sekitar 63.000 tiket yang akan dijual untuk penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022.

"Moda transpotasi dari bandara atau dari Kupang menuju ke Mandalika itu betul-betul terhitung betul kebutuhannya. Sehingga jangan sampai ini kita mengelola 63.000 bukan barang mudah," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas Evaluasi Persiapan Pelaksanaan Mandalika MotoGP di Lombok NTB, Kamis (13/1/2022).

BACA JUGA:MotoGP Mandalika Digelar Maret 2022, Jokowi Soroti Berbagai Hal IniAdapun jumlah itu belum dihitung dengan masyarakat setempat yang kemungkinan juga datang untuk menonton MotoGP Mandalika. Jokowi mengingatkan bahwa ada banyak sekali fans atau penggemar ajang MotoGP di Indonesia.

"Sekali lagi, ini MotoGP penggemarnya banyak. Di Indonesia penggemarnya sangat banyak. Bukan banyak, sangat banyak," katanya.

3 dari 3 halaman

Persiapan Maksimal

Selain itu, Jokowi mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membenahi jalan bypass Bandara Internasional Lombok menuju Sirkuit Mandalika. Mulai dari penataan jalan, penghijauan kawasan sepanjang jalan, perluasan dan penataaan jalan menuju Mandalika, hingga pelebaran jalan.

Pembenahan tersebut ditargetkan rampung pada akhir Februari 2022. Disamping itu, pemerintah melakukan pelebaran jalan kota tua serta penataan pemukiman masyarakat yang akan dijadikan homestay atau tempat penginapan.

"Homestay maupun warung penjualan souvenir, warung yang berjualan makanan semuanya agar bisa diupgrade sehingga wajah Mandalika ini betul-betul pada saat MotoGP berubah," jelas Jokowi.

 

Sumber: Sekretariat Negara

Disadur dari: Liputan6.com (Lizsa Egeham/Nila Chrisna Yulika)

Video Populer

Foto Populer