Sukses


Bisakah Maverick Vinales Catat Rekor Kemenangan dengan 3 Motor Berbeda di MotoGP 2022? Catat! Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi Saja Gagal

Bola.com, Jakarta - Usai merampungkan tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia dan Mandalika, Lombok, Maverick Vinales membeberkan targetnya.

Pembalap asal Spanyol itu mengaku punya mimpi meraih kemenangan di ajang MotoGP dengan tiga motor berbeda. "Saya pikir, saya akan menjadi satu-satunya yang bisa melakukannya di era MotoGP," ujarnya kala itu.

Ya, Maverick Vinales memang punya potensi menuju ke arah sana. Dia sudah pernah menang bersama Suzuki dan Yamaha. Kini ia ingin mengulang hal sama dengan Aprilia.

Pertanyaannya seberapa besar kans Maverick Vinales? Sebelumnya ada dua pembalap pada era MotoGP yang ingin merasakan kemenangan pada tiga motor berbeda.

Keduanya yaitu Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, semua berakhir kegagalan. Lorenzo menang bersama Yamaha dan Ducati tapi gagal di Honda.

Rossi merasakan podium pertama dengan Honda dan Yamaha tapi gagal di Ducati. Artinya perjuangan Maverick Vinales memang sangat sulit.

Apalagi ia memperkuat Aprilia yang notabene bahkan belum pernah menang sejak comeback ke MotoGP. Sejauh ini, Aprilia bahkan baru sekali naik podium.

Namun beberapa musim terakhir di ajang MotoGP sudah terbukti banyak hal mustahil jadi kenyataan. Sebut saja siapa sangka Joan Mir juara dunia MotoGP 2022? Kesimpulannya kans Maverick Vinales mencetak rekor ini tetap terbuka. 

 

2 dari 2 halaman

Bukan Orang Pertama

Jika berbicara era MotoGP, memang belum pernah ada pembalap merasakan kemenangan bersama tiga merek motor berbeda. Namun bila kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor jadi acuan, beda cerita.

Saat masih bernama kelas 500cc, ada empat pembalap bisa menang bersama tiga merek motor berbeda. Keempatnya adalah Mike Hailwood, Randy Mamola, Eddie Lawson dan Loris Capirossi.

Paling terakhir melakukannya yaitu Loris Capirossi. Dia menang bersama Yamaha dan Honda saat masih era 500cc. Kemudian ia menang lagi dengan Ducati tahun 2003 atau ketika sudah masuk era MotoGP.

Artinya jika Maverick Vinales sukses melakukannya, ia memang berstatus rider pertama yang bisa menjalaninya bersama tiga pabrikan berbeda era MotoGP.

Video Populer

Foto Populer