Sukses


Hasil MotoGP Qatar 2022: Enea Bastianini Cetak Sejarah! Bencana Pabrikan Ducati dan Marc Marquez Gagal Podium

Bola.com, Jakarta - Italia sapu bersih kemenangan pada seri perdana Kejuaraan Dunia Balap Motor musim 2022. Usai Andrea Migno berjaya di Moto3 dan Celestino Vietti di kelas Moto2, balapan MotoGP Qatar hari Minggu (06/03/2022) malam WIB, dimenangkan rider Italia lainnya, Enea Bastianini

Buat Enea Bastianini, kemenangan ini sejarah buat pembalap Gresini Racing MotoGP itu. Karena juara dunia Moto2 2020 itu akhirnya merasakan kemenangan perdana di kelas MotoGP

Semakin spesial, Bastianini meraihnya pada balapan debut untuk tim Gresini Racing MotoGP. Sayangnya ketika Bastianini berjaya, musibah dialami duo pabrikan Ducati, Jack Miller dan Pecco Bagnaia.

Keduanya gagal naik podium ketika pembalap tim satelit Ducati, Enea Bastianini justru memenangkan balapan. 

Nahasnya Pecco Bagnaia justru mengalami insiden dengan Jorge Martin yang notabene juga mengendarai motor Ducati Desmosedici. Ini tentu awal buruk untuk duo Ducati yang digadang sebagai kandidat kuat juara dunia. 

Adapun podium kedua diisi pembalap KTM, Brad Binder. Sementara Pol Espargaro yang sempat cukup lama berada di posisi pertama akhirnya harus puas berada di podium ketiga.  

Rekan setim Pol Espargaro, Marc Marquez juga gagal finis podium. Juara dunia MotoGP enam kali itu harus puas finis kelima. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jalannya Balapan

Awal balapan MotoGP Qatar, Pol Espargaro secara mengejutkan langsung naik ke posisi pertama dan mengungguli rekan setimnya, Marc Marquez di posisi kedua.

Tidak berselang lama, Marc Marquez terlalu agresif saat melibas tikungan dan harus menyerahkan posisi kedua kepada Brad Binder.

Pembalap Repsol Honda itu terus turun ke posisi keempat setelah diasapi Enea Bastianini. Usai momen ini, Brad Binder perlahan tapi pasti mulai membuntuti Pol Espargaro.

Pada lap 12, Brad Binder memangkas gap dari Pol Espargaro tinggal 0,6 detik. Di lap 13, Pecco Bagnaia dan Jorge Martin mengalami insiden plus sama-sama mengakhiri balapan lebih dini.

Buat Ducati, ini sebuah musibah. Mengingat pembalap pabrikan mereka lainnya, Jack Miller juga tidak finis.

Seiring berjalannya waktu, Pol Espargaro kembali menjauh sebagai pimpinan balapan. Gap menjauh ke satu detik. Sebagai gantinya, kini ada tiga pembalap yang sedang bersaing menempati posisi 2-4: Binder, Bastianini, dan Marquez.

Lap 14, Bastianini naik ke posisi kedua untuk mengasapi Binder. Marc Marquez tampak sangat kesulitan pada balapan ini.

Balapan tersisa enam lap lagi, ia harus turun ke posisi lima setelah diasapi Aleix Espargaro. Pergantian posisi di puncak kemudian terjadi pada lap 19.

Bastianini naik ke posisi pertama, dan Pol Espargaro keluar lintasan yang membuatnya juga kehilangan posisi kedua untuk Brad Binder.

Komposisi posisi 1-3 yang diisi Enea Bastianini, Brad Binder, dan Pol Espargaro akhirnya bertahan sampai garis finis. 

 

3 dari 3 halaman

Hasil Balapan MotoGP Qatar

Hasil Balapan MotoGP Qatar 2022 

  1. Enea Bastianini (Gresini Ducati)
  2. Brad Binder (Red Bull KTM)
  3. Pol Espargaro (Repsol Honda)
  4. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)
  5. Marc Marquez (Repsol Honda)
  6. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
  7. Alex Rins (Suzuki Ecstar)
  8. Johann Zarco (Pramac Ducati)
  9. Fabio Quartararo (Monster Yamaha)
  10. Takaaki Nakagami (LCR Honda)
  11. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)
  12. Maverick Vinales (Aprilia Factory)
  13. Luca Marini (Mooney VR46 Ducati)
  14. Andrea Dovizioso (WithU RNF Yamaha)
  15. Remy Gardner (KTM Tech3)
  16. Darryn Binder (WithU RNF Yamaha)
  17. Fabio Di Giannantonio (Gresini Ducati)
  18. Raul Fernandez (KTM Tech3)

Tidak finis

  • Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
  • Jorge Martin (Pramac Ducati)
  • Miguel Oliveira (Red Bull KTM)
  • Alex Marquez (LCR Honda)
  • Jack Miller (Ducati Lenovo)
  • Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Ducati)

 

Video Populer

Foto Populer