Sukses


Gagal Pole Position, Marc Marquez Janjikan Balapan Sengit di MotoGP Mandalika

Bola.com, Kuta - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menyayangkan hasil yang diraih pada sesi kualifikasi MotoGP Mandalika 2022. Meski gagal meraih pole position, Marquez tetap menjanjikan balapan yang sengit.

Marc Marquez terjatuh dua kali saat mengikuti sesi kualifikasi kedua (Q1) MotoGP Mandalika 2022, Sabtu (19/3/2022). Marquez ketika itu berada di posisi kelima pada kualifikasi pertama (Q1). Hasil itu tak cukup untuk membuat Marquez mengikuti sesi kualifikasi kedua (Q2).

Hasil terbaik yang mampu dicatatkan Marquez adalah 1 menit 31,830 detik. Pembalap berjulukan The Baby Alien itu akhirnya harus mengawali balapan dari posisi tak ideal pada MotoGP Mandalika 2022, yakni di luar posisi 10 besar.

"Saya kurang lebih baik-baik saja setelah dua kecelakaan. Ketika Anda berada di Q1, Anda harus mengambil risiko dan inilah yang bisa terjadi," kata Marc Marquez.

"Saya tidak bisa bahagia dengan situasi ini. Semua pembalap Honda sedang berjuang. Begitulah, saya harus menyerang. Tujuannya adalah untuk coba menyelesaikan balapan," tegas Marc Marquez.

Sementara itu, pole position MotoGP Mandalika 2022 diraih pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. Pencapaian itu diraih Quartararo setelah mencatatkan waktu kualifikasi terbaik 1 menit 31,067 detik pada sesi kualifikasi.

2 dari 3 halaman

Pindah Posisi Start

Marc Marquez akan mengawali balapan MotoGP Mandalika 2022 dari posisi ke-14 pada Minggu (20/3/2022). Perubahan posisi ini terjadi setelah Franco Morbidelli terkena penalti.

Marc naik ke urutan 14 karena Morbidelli turun tiga posisi ke peringkat 15 setelah dijatuhkan penalti oleh Panelis Steward FIM MotoGP. Morbidelli dianggap tidak melalukan start yang sesuai prosedur pada sesi latihan bebas ketiga (FP3), Sabtu (19/3/2022).

Morbidelli diklaim memotong jalur dan berada di depan Joan Mir (Suzuki Ecstar). Itu juga didukung isyarat tangan Morbidelli di lintasan yang akhirnya diakui olehnya. Dengan demikian, posisi Morbidelli seharusnya yakni urutan ke-12 akan dihuni Luca Marini, kemudian Marco Bezzechi di urutan ke-13.

"Satu-satunya hal yang baik adalah saya memulai balapan dari posisi ke-15 di bagian lintasan yang bersih. Akan tetapi, saya akhirnya akan memulai dari sisi yang kotor setelah penalti Morbidelli," ucap Marc Marquez.

3 dari 3 halaman

Apes di Mandalika

Secara keseluruhan, Marc Marquez sudah tiga kali jatuh pada MotoGP Mandalika 2022. Rinciannya adalah sekali pada sesi latihan bebas kedua (FP2) pada Jumat (18/3/2022) dan dua sisanya terjadi pada kualifikasi pertama (Q1) yang berlangsung pada Sabtu (19/3/2022).

Marc Marquez kini harus berusaha keras untuk bisa menjadi juara di MotoGP Mandalika 2022. Pembalap asal Spanyol tersebut harus menerima kenyataan untuk mengawali balapan dari posisi yang tak ideal.

"Kenyataannya kami jauh lebih baik dari apa yang ditunjukkan. Bahkan, saat mencoba menggunakan ban belakang yang berbeda," tegas Marquez.

Video Populer

Foto Populer