Sukses


Kesaksian Alex Rins saat Motornya Terbakar di MotoGP Mandalika: Itu Momen Menakutkan

Bola.com, Kuta - Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, merasa ketakutan ketika motor yang dikendarainya terbakar pada latihan bebas keempat (FP4) MotoGP Mandalika 2022, Sabtu (19/3/2022. Rins merasa beruntung bisa selamat dan tak mengalami cedera.

Kejadian mengerikan itu bermula saat pertengahan FP4 di mana Alex Rins terlihat sudah mengalami masalah. Pembalap asal Spanyol itu melebar di tikungan 10.

Namun, Alex Rins tetap melanjutkan aksinya setelah melihat situasi mesin motor Suzuki GSX-RR miliknya. Kemudian, motor Alex Rins mendadak mengeluarkan api dan terbakar sebelum Tikungan 13.

"Ada masalah dengan tabung tempat di mana oli masuk. Saya sudah mendapatkan peringatan di Tikungan 10, namun saya pkir itu hanya masalah ban," kata Alex Rins.

"Saya tak melihat apa-apa setelah melebar di Tikungan 10. Jadi, saya terus memacu motor saya hingga kemudian merasa ada sesuatu yang aneh di Tikungan 12. Saya kemudian melihat ke belakang dan melihat api," ucap Alex Rins.

Setelah itu, Alex Rins terlihat panik dan langsung melompat sembari berusaha untuk mematikan mesin motornya. Rins langsung melempar motornya dan berlari untuk menyelamatkan diri di sisi lintasan.

"Demi keselamatan saya dan pembalap lain,saya langsung keluar dari lintasan dan melompat dari motor. Itu adalah momen yang menakutkan karena yang ada di kepala saya saat itu adalah 'Alex, lompat!' karena mungkin motornya akan meledak," kenang Alex Rins.

2 dari 3 halaman

Siap Tempur

Insiden motor terbakar pada FP4 tak membuat nyali Alex Rins ciut untuk balapan MotoGP Mandalika 2022. Rins akan mengawali balapan di posisi kedelapan.

Namun, Alex Rins masih bingung dengan rencana penggunaan ban pada balapan nanti. Pembalap berusia 26 tahun tersebut berharap bisa menjaga ritme balapan dan menyelesaikan di posisi terbaik.

"Saya siap. Semua bekerja dengan baik dari sisi kebugaran fisik, pikiran, dan konsentrasi. Kami harus membuat start bagus dan menjaga posisi," ujar Alex Rins.

3 dari 3 halaman

Hasil Kualifikasi MotoGP Mandalika

  1. Fabio Quartararo (Monster Yamaha) 1 menit 31,067 detik
  2. Jorge Martin (Pramac Ducati) +0,213 detik
  3. Johann Zarco (Pramac Ducati) +0,311 detik
  4. Brad Binder (Red Bull KTM) +0,366 detik
  5. Enea Bastianini (Gresini Ducati) +0,437 detik
  6. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +0,440 detik
  7. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +0,499 detik
  8. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +0,515 detik
  9. Jack Miller (Ducati Lenovo) +0,647 detik
  10. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) +0,656 detik
  11. Fabio Di Giannantonio (Gresini Ducati)
  12. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)
  13. Luca Marini (Mooney VR46 Ducati)
  14. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Ducati)
  15. Marc Marquez (Repsol Honda)
  16. Pol Espargaro (Repsol Honda)
  17. Andrea Dovizioso (WithU RNF Yamaha)
  18. Alex Marquez (LCR Honda)
  19. Maverick Vinales (Aprilia Factory)
  20. Raul Fernandez (KTM Tech3)
  21. Remy Gardner (KTM Tech3)
  22. Darryn Binder (WithU RNF Yamaha)
  23. Takaaki Nakagami (LCR Honda)

Video Populer

Foto Populer