Sukses


Sempat Diprotes, Ditjen Kekayaan Negara Bantah Lelang Hadiah Rider MotoGP untuk Penonton di Mandalika

Bola.com, Mataram - Jagat media sosial Indonesia dihebohkan oleh pemberitaan bahwa Kemenkeu akan melelang barang-barang yang diberikan para rider MotoGP kepada penonton di Mandalika. Menurut laporan Antara, Selasa (29/3/2022), hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) NTB, Sudarmanto.

Sudarmanto menyebutkan, ada 11 barang pemberian para pembalap kepada penonton yang sudah tersimpan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram. Ia menyebut barang-barang itu siap dilelang bersamaan dengan lelang produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kami sedang merencanakan dengan matang karena itu barang langka, ada baju pembalap MotoGP yang ditandatangani, ada topi, sarung tangan dan helm," kata Sudarmanto, yang menyebut lelang akan dilakukan secara nasional. Masyarakat yang ingin mendapatkan barang pemberian pembalap tersebut bisa mendaftarkan diri di KPKNL Mataram.

Antara juga melaporkan, Sudarmanto mengatakan bahwa barang berharga milik pembalap MotoGP tersebut dihimpun oleh para petugas dari para penonton yang beruntung pada saat penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Proses penghimpunan dibantu promotor lokal Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Namun, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo, memberikan klarifikasi. Ia membantah barang-barang yang dilelang DJKN bukanlah hadiah yang diberikan para rider ke penonton, melainkan merchandise berbeda, yang khusus diberikan oleh para rider kepada MGPA dan ITDC (Indonesian Tourism Development Corporation) demi kegiatan amal.

2 dari 2 halaman

Bukan Barang untuk Fans

"Kami luruskan. Barang yang akan dilelang @DitjenKN adalah merchandise pemberian pembalap ke ITDC, MGPA, dan Kemenkeu untuk tujuan amal, bukan barang2 dari pembalap yg diberikan ke penonton. Jadi barang yg diterima penonton tetap jd milik masing2 dan tidak ada kaitan dg lelang," tulis Yustinus.

"Merchandise yg akan dilelang terdiri dari kaus, baju, topi dan sarung tangan. Kaus dan kemeja ditandatangani oleh tiga pebalap yaitu Marc Marquez, Pol Espargaro dan Miguel Oliveira. Marc Marquez juga menyumbangkan topi dan Maverick Vinales menyumbangkan topi serta sarung tangan," lanjutnya.

Twit Yustinus pun dibenarkan oleh DJKN juga lewat Twitter. "#SobatKaeN, merch pemberian pembalap yang akan dilelang oleh @kpknl_mataram bukan merch yang diberikan pada penonton yaa... Merch yang diberikan pada penonton tidak ada ttd pembalapnya, sedangkan yang akan dilelang ada ttd dan sepenuhnya untuk tujuan amal," tutupnya.

Sumber: Antara, Twitter

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, 31/3/2022)

Video Populer

Foto Populer