Sukses


Repsol Honda Bak Macan Ompong di MotoGP, Salahkan Alberto Puig!

Bola.com, Jakarta -- Balapan MotoGP Katalunya di Sirkuit Katalunya, Barcelona hari Minggu lalu, lagi-lagi menjadi bukti Repsol Honda tanpa Marc Marquez hanyalah macan ompong.

Bagaimana tidak, semua pembalap Repsol Honda merasakan hasil buruk. Pol Espargaro cuma finis 17. Pembalap pengganti Marc Marquez, Stefan Bradl tidak finis.

Praktis pembalap tim satelit LCR Honda, Alex Marquez jadi pengendara RC213V terbaik setelah finis sepuluh. Tapi rekan setimnya, Takaaki Nakagami sudah kecelakaan pada Tikungan 1 usai start.

Ketergantungan Repsol Honda terhadap Marc Marquez adalah buah keputusan salah yang dilakukan Alberto Puig sebagai manajer tim beberapa musim terakhir.

2 dari 5 halaman

Kesalahan Alberto Puig

Alberto Puig layak dikambinghitamkan. Situs Speedweek memberikan analisis Puig sudah salah saat tidak mengangkat Dani Pedrosa sebagai pembalap penguji Repsol Honda ketika pensiun pada MotoGP 2018.

"Ukuran tubuhnya tidak ideal untuk menjadi seorang pembalap penguji Honda," beber Alberto Puig kala itu.

Namun tahukah Anda, saat ini Dani Pedrosa bekerja sebagai pembalap penguji KTM dan jadi kunci KTM bisa bersaing di baris depan!

3 dari 5 halaman

Memperkerjakan Jorge Lorenzo

Kesalahan Puig lainnya adalah memberikan kontrak Jorge Lorenzo di Repsol Honda pada musim 2019. Padahal Puig sadar betul gaya balap smooth milik pembalap asal Spanyol itu tidak cocok dengan motor RC213V.

Puig berpikir dia bisa beradaptasi dengan RC213V, namun nyatanya Jorge Lorenzo justru frustrasi dan berujung pensiun karena terlalu sering terjatuh.

4 dari 5 halaman

Bikin Alex Marquez Sakit Hati

Kesalahan berikutnya Puig adalah memperkerjakan Alex Marquez di tim Repsol Honda pada MotoGP 2020 namun telah menunjuk Pol Espargaro sebagai pengganti di musim 2021 saat kompetisi bahkan belum dimulai.

Bisa dibayangkan betapa sakitnya hati seorang Alex Marquez. Ironisnya Puig beralasan gaya mengemudi Pol sangat mirip dengan Marc.

Padahal ini sebuah kesalahan lain. Karena Marc mengendalikan motor dengan ban depan, sementara Pol Espargaro mengandalkan ban belakang.

5 dari 5 halaman

Comeback Kecepatan Marc Marquez

Alberto Puig juga membuat kesalahan dengan memberikan izin Marc Marquez comeback terlalu cepat usai menjalani operasi pertama pada lengan kanan di MotoGP 2020.

Semua kini tahu, sampai sekarang, Marc Marquez belum bisa sembuh dari cedera lengan kanan dan baru saja menjalani operasi keempat.

So, jangan sampai buat kesalahan lagi ya Puig.

Sumber: Speedweek

Video Populer

Foto Populer