Sukses


MotoGP: Saran Buat Para Rookie dari Andrea Dovizioso, Perkuat Tim Pabrikan atau Satelit Sama Saja

Bola.com, Jakarta - Belum lama ini, manajer juara World Superbike 2021, Toprak Razgatioglu, Kenan Sofuoglu menyuebut kans sang klien ke MotoGP hanya terbuka jika memperkuat tim pabrikan.

Hal di atas coba ditanyakan kepada pembalap paling senior di MotoGP saat ini, Andrea Dovizioso.

Pembalap Italia itu menceritakan sejatinya tidak ada gap antara pembalap tim pabrikan dengan satelit di era MotoGP saat ini.

Kesimpulannya, Andrea Dovizioso menyarankan debutan atau rookie di ajang MotoGP tidak melulu harus memperkuat tim pabrikan. Tim satelit juga punya level tinggi saat ini.

2 dari 5 halaman

Komentar Andrea Dovizioso

"Saya pikir jika Anda memiliki kesempatan untuk memulai (di MotoGP) dengan tim pabrikan, itu selalu lebih baik. Tetapi pada saat ini untuk memulai dengan tim satelit dan dukungan dari pabrikan tidak mengubah apapun," kata Dovizioso.

"Menurut pendapat saya, MotoGP telah banyak berubah dalam hal ini dan sekarang jika Anda berada di tim satelit yang bagus dengan teknisi yang baik, itu tidak masalah sama sekali."

"Apalagi jika Anda berstatus pembalap tim satelit dengan kontrak tim pabrikan dan mendapat dukungan teknis dari pabrikan," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Perbedaan Antara Tim Pabrikan dan Satelit

Hanya saja Andrea Dovizioso turut membeberkan perbedaan antara tim pabrikan dengan satelit di MotoGP era sekarang.

"Perbedaannya, jika Anda berada di tim pabrikan, Anda memiliki lebih banyak uang untuk melakukan apa yang Anda inginkan seperti bepergian dan hal-hal lain," kata Dovizioso.

"Jadi saat ini bukan tentang berada di tim pabrikan dan kemudian Anda memiliki lebih banyak dukungan atau materi yang lebih baik."

"Jika pabrikan mau dan melihat Anda berprestasi di tim satelit, mereka bisa memberi Anda segalanya sama seperti pembalap pabrikan," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Pembalap Satelit Menang

Pada MotoGP 2022 ada pembalap tim satelit yang bisa meraih kemenangan. Contohnya pembalap tim satelit Gresini Ducati, Enea Bastianini.

Enea Bastianini bahkan sudah merasakan tiga kemenangan. Ini membuktikan pembalap tim satelit pun bisa berbicara banyak pada ajang MotoGP.

5 dari 5 halaman

Jadwal Sisa MotoGP 2022

  1. 7 Agustus 2022: MotoGP Inggris
  2. 21 Agustus 2022: MotoGP Austria
  3. 4 September 2022: MotoGP Misano
  4. 18 September 2022: MotoGP Aragon
  5. 25 September 2022: MotoGP Jepang
  6. 2 Oktober 2022: MotoGP Thailand
  7. 16 Oktober 2022: MotoGP Australia
  8. 23 Oktober 2022: MotoGP Malaysia
  9. 6 November 2022: MotoGP Valencia

Video Populer

Foto Populer