Sukses


WSBK Mandalika Jadi Ajang Perkenalkan Budaya NTB dan Indonesia ke Seluruh Dunia

Bola.com, Mandalika - Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, menyebut WorldSBK Mandalika 2022 tidak hanya menjadi ajang balap motor kelas dunia, tetapi juga memperkenalkan budaya NTB dan Indonesia ke dunia.

WorldSBK Mandalika tahun ini berlangsung selama tiga hari dari 11 sampai 13 November 2022. Para pembalap bakal saling beradu cepat untuk menjadi yang nomor satu di Sirkuit Mandalika.

Pembalap Aruba.it Racing – Ducati, Alvaro Bautista berpeluang meraih titel juara dunia WorldSBK. Pasalnya, Bautista berada di puncak klasemen sementara pembalap dengan nilai 527, unggul 77 poin atas Toprak Razgatlioglu di posisi kedua.

Alvaro Bautista bakal keluar juara dunia WorldSBK jika finis pertama pada balapan superpole, Minggu (13/11/2022). Di sisi lain, Toprak Razgatlioglu menempati peringkat delapan atau lebih rendah.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perkenalkan Budaya NTB

Selain melihat keseruan persaingan pembalap WorldSBK, Supersport, dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), para pengunjung yang datang ke Sirkuit Mandalika atau yang menyaksikan di rumah bakal diperlihatkan kebudayaan Nusa Tenggara Barat.

"Jadi ini PR bagi kita bagaimana menimbulkan dan menciptakan animo dari masyarakat untuk menonton WSBK, bukan PR saya saja tetapi juga PR kita semua," ujar Priandhi Satria.

"Baru kali ini ajang WSBK bukan ajang utama di MGPA. Memang kita menyelenggarakan ajang WSBK, tetapi salah satu ajang utamanya adalah Lombok Sumbawa Festival," lanjutnya.

"Makanya pada ajang kali ini sosial budayanya Lombok, Sumbawa, NTB kita tampilkan. Dengan cara itu tadi, ketika pit lane ada usher-usher wanita yang cantik-cantik menggunakan perangkat baju daerah, itu menjadi tontonan sendiri bagi pembalapnya, bagi timnya, dan juga Dorna," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Ada Tarian dan Alat Musik Khas Lombok

Tak hanya itu, jelang balapan hari terakhir, Minggu (13/11/2022), MGPA akan menampilkan paduan suara anak-anak yang menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan pakaian daerah.

Tarian adat dan alat musik khas Lombok, Gendang Beleq, bakal ditampilkan sebelum balapan WorldSBK dimulai. Diharapkan dengan adanya fastival tersebut, bisa mendongkrak animo masyarakat lokal dan internasional untuk berkunjung ke NTB.

"Buat saya, balapan ini bukan hanya satu ajang, tetapi juga mendukung perkembangan budaya. Kita ada di Lombok, Sumbawa, NTB jadi kenapa tidak ketika tampilkan melalui NTB, memperkenalkan NTB dan tentunya Indonesia. Apakah ini berhasil? Menurut saya baru mulai, tetapi sudah," ucap Priandhi Satria.

"Saya meminta untuk mengganti logo Sirkuit Mandalika dan MGPA dengan spot wisata di NTB, mulai dari laut, gunung, hingga pantai. Diharapkan pembalap atau pengunjung yang merasa penasaran bisa menyambangi spot-spot tempat wisata yang gambarnya terdapat di sekitar sirkuit," tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Balapan WorldSBK Mandalika 2022:

Minggu, 13 November 2022

  • 07.30 - 07.45 WIB: WUP WorldSBK
  • 07.55 - 08.10 WIB: WUP WorldSSP
  • 09.30 WIB: SPR WorldSBK
  • 11.00 WIB: Race 2 WorldSSP
  • 12.30 WIB: Race 1 WorldSBK

Video Populer

Foto Populer