Sukses


Waduh Penyelenggara MotoGP, Dorna Dituding Lakukan Nepotisme

Bola.com, Jakarta - Nama CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta selaku penyelenggara Kejuaraan Dunia Balap Motor termasuk kelas tertinggi MotoGP sedang menjadi sorotan baru-baru ini.

Adalah fakta dirinya mengumumkan Tome Alfonso sebagai Direktur Keselamatan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) menggantikan Franco Uncini.

Keputusan ini jadi tanda tanya besar lantaran sosok Tome Alfonso adalah keponakan dari Carmelo Ezpeleta. Unsur nepotisme diyakini ada pada keputusan krusial di atas.

Apalagi sebelumnya Carlos Ezpeleta yang merupakan anak dari Carmelo Ezpeleta juga punya jabatan tinggi di Dorna.

2 dari 4 halaman

Nepotisme?

Soal nepotisme terkait keputusan mengangkat Tome Alfonso sudah ditanyakan kepada Carmelo Ezpeleta. Dia menegaskan tidak ada yang salah terkait pengangkatan ini.

"Apakah dilarang menjadi keponakan saya? Franco Uncini telah memutuskan untuk pensiun sebagai direktur keselamatan FIM akhir musim 2022," kata Carmelo.

"Kemudian FIM memutuskan bahwa Tome Alfonso adalah solusi terbaik sebagai penggantinya," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Sosok Layak

Lebih lanjut Carmelo Ezpeleta membeberkan rekam jejak karier seorang Tome Alfonso. Menurutnya Tome pernah menjabat sebagai manajer Sirkuit Losail, Qatar dan Motorland Aragon, Spanyol.

"Sebelumnya Tome adalah General Manager Racing Loop dan kini telah meninggalkan perusahaan konsultan motorsport ini karena ingin menghindari konflik kepentingan," kata Carmelo.

"Saya tidak mengerti mengapa saya dikritik karena keputusan ini. Sulit dipercaya."

"Sekali lagi apakah dilarang menjadi keponakan saya? Saya tidak bisa mendikte pria dewasa seperti Tome Alfonso soal tugas mana yang dia ambil dan mana yang tidak," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Posisi Penting

Direktur Keselamatan FIM adalah salah satu posisi penting dalam struktur Kejuaraan Dunia Balap Motor. 

Karena semua regulasi terkait keselamatan, dari soal sirkuit sampai apa yang menempel di motor dan pembalap ditentukan oleh Direktur Keselamatan FIM. 

Video Populer

Foto Populer