Sukses


Perubahan Era MotoGP: Dulu Cuma 4 Pembalap Bisa Menang, Kini Ada 8-10 Orang!

Bola.com, Jakarta - Persaingan MotoGP era dahulu sempat dikenal dengan empat alien. Sebutan tersebut untuk empat pembalap yang punya kemampuan sangat hebat dan sulit dikalahkan semua rival.

Keempat pembalap yang dimaksud adalah Valentino Rossi, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa.

Namun menurut Managing Director Yamaha Racing, Lin Jarvis, era empat alien tersebut sudah berakhir.

Bukan cuma karena empat nama di atas semua sudah pensiun, namun juga karena kini peta persaingan kelas MotoGP sangat ketat.

2 dari 3 halaman

8-10 Pembalap

Saking kompetitif, Lin Jarvis menyebut ada 8-10 pembalap yang kini punya kemampuan untuk bersaing meraih kemenangan setiap seri balapan MotoGP.

"Saya selalu sangat berhati-hati dalam membandingkan pembalap dari era lain. Saya ingat dulu ada yang disebut empat alien (Rossi, Stoner, Lorenzo dan Pedrosa)," kata Lin Jarvis.

"Mereka ada di level yang berbeda dari yang lain, mereka memenangkan segalanya di antara mereka. Tapi hari ini tidak lagi demikian."

"Sekarang mungkin ada 8 hingga 10 pembalap yang punya potensi memenangkan balapan. Kini Anda melihat banyak pemenang balapan yang berbeda," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Performa Motor Identik

Penyebab lebih banyaknya pembalap yang punya kans meraih kemenangan disebut Lin Jarvis karena performa semua motor kurang lebih sama saat ini. 

Transisi dari penyeragaman ban tahun 2009 dan elektronik musim 2016 dinilai Lin Jarvis memainkan peran sangat penting. 

Adapun seri pertama MotoGP 2023 akan berlangsung di Sirkuit Portimao, Portugal, akhir bulan Maret. 

Sumber: Tuttomotoriweb

 

Video Populer

Foto Populer