Sukses


Tampung Eks Direktur Teknik Suzuki, Honda Makin Pede Bersaing Menjuarai MotoGP 2023

Bola.com, Jakarta - Honda mendapatkan berkah dari mundurnya Suzuki pada MotoGP 2023. Tim pabrikan asal Jepang itu mengonfirmasi kedatangan Ken Kawauchi sebagai Direktur Teknik anyar.

Sebelumnya, Ken Kawauchi merupakan Direktur Teknik Suzuki pada MotoGP. Namun, seiring mundurnya Suzuki dari MotoGP membuat Kawauchi memilih menerima tawaran dari Honda Racing Corporation (HCR).

Ken Kawauchi merupakan sosok penting di balik penampilan konsisten Suzuki di MotoGP. Puncaknya, kegeniusan Kawauchi berhasil membantu Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020.

"HRC telah mengontrak Ken Kawauchi sebagai Direktur Teknik," kata Manajer Tim, Alberto Puig, seperti dikutip Motorsport.

2 dari 5 halaman

Manfaatkan Celah

Alberto Puig menyadari HRC memanfaatkan celah mundurnya Suzuki dari MotoGP. Menurut Puig, bila Suzuki masih mengaspal di MotoGP pihaknya mungkin tidak akan mampu mengamankan jasa Ken Kawauchi.

"Kami memanfaatkan mundurnya Suzuki dari MotoGP. Melalui apa yang saya ketahui, dia adalah penggemar balapan. Jika Suzuki masih berlomba, dia mungkin tidak akan pindah," tegas Puig.

Ken Kawauchi akan menggantikan Takeo Yokoyama sebagai Direktur Teknik HRC. Menarik untuk menantikan kehebatan HRC bersama Ken Kawauchi.

3 dari 5 halaman

Banyak Mutasi

HRC juga melakukan sejumlah mutasi di jajaran teknik. Takeo Yokoyama yang sebelumnya menjadi Direktur Teknik kini berpindah menjadi pelatih teknisi muda Honda.

Sementara itu, kepala kru Ramon Aurin dimutasi menjadi tim penguji. Sebelumnya, Aurin merupakan kepala kru dan pernah menangani Pol Espargaro, Dani Pedroa, dan Jorge Lorenzo.

Sementara itu, pembalap anyar Repsol Honda, Joan Mir, akan didampingi oleh Giacomo Guidotti. Sebelumnya, Guidotti bekerja bersama Takaaki Nakagami di LCR Honda.

4 dari 5 halaman

Belum Sesuai

Sementara itu, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengakui kondisi motor RC213V yang akan mengaspal di MotoGP 2023 masih bermasalah. Situasi itu disebut memberikan pengaruh pada perfomanya sehingga kesulitan bersaing meraih gelar juara dunia MotoGP.

"Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, karena tes di Valencia tidak berjalan seperti yang kami harapkan. Honda menjadi satu-satunya pihak yang dapat bereaksi dengan situasi ini," ucap Marquez.

Honda punya waktu sebulan untuk segera meningkatkan performa motor RC213V. Tes pramusim MotoGP 2023 bakal digelar di Sepang, Malaysia pada pertengahan Februari 2023.

5 dari 5 halaman

Jadwal MotoGP 2023

  1. 26 Maret: Portugal - Algarve, Portimao
  2. 2 April: Argentina - Termas de Rio Hondo
  3. 16 April: Amerika Serikat - Circuit of The Americas
  4. 30 April: Spanyol - Jerez
  5. 14 Mei: Prancis - Le Mans*
  6. 11 Juni: Italia - Mugello*
  7. 8 Juni: Jerman - Sachsenring*
  8. 25 Juni: Belanda - Assen*
  9. 9 Juli: Kazakhstan - Sokol (subyek homologasi)
  10. 6 Agustus: Inggris - Silverstone*
  11. 20 Agustus: Austria - Red Bull Ring*
  12. 3 September: Catalunya - Barcelona-Catalunya*
  13. 10 September: San Marino - Misano*
  14. 24 September: India - Buddh (subyek homologasi)
  15. 1 Oktober: Jepang - Motegi16
  16. 16 Oktober: Indonesia - Mandalika
  17. 22 Oktober: Australia - Phillip Island
  18. 29 Oktober: Thailand - Buriram
  19. 12 November: Malaysia - Sepang
  20. 19 November: Qatar - Lusail (malam hari)
  21. 16 November: Valencia - Ricardo Tormo

Video Populer

Foto Populer