Sukses


Hari Ketiga Tes Shakedown Sepang: Ducati Unjuk Gigi, Performa Mesin Anyar Yamaha Tuai Pujian

Bola.com, Jakarta - Hari ketiga atau terakhir tes shakedown MotoGP Sepang, Selasa (07/02/2023) diakhiri dengan fakta pembalap penguji Ducati, Michele Pirro jadi rider tercepat.

Michele Pirro membukukan catatan waktu 1 menit 59,803 detik. Catatan waktu itu membuat rider asal Italia tersebut jadi satu-satunya pembalap dengan lap tembus di bawah 2 detik selama tes shakedown MotoGP Sepang.

Michele Pirro turut mengakhiri dominasi Yamaha pada dua hari awal tes shakedown MotoGP Sepang. Hanya saja motor Yamaha YZR-M1 yang dikendarai Cal Crutchlow tetap kompetitif pada hari terakhir ini.

Pembalap asal Inggris itu berada di posisi tiga dengan gap 0,550 detik dari catatan waktu milik Michele Pirro.

2 dari 4 halaman

Menjanjikan

Tes shakedown sendiri memang belum menampilkan kecepatan nyata semua motor dalam hal time attack. Pada tes ini, semua pabrikan biasanya mencoba banyak hal baru pada motor untuk persiapan musim 2023.

Nah dalam konteks di atas, motor Yamaha YZR-M1 jadi sorotan. Karena menurut Cal Crutchlow, performa anyar mesin YZR-M1 cukup menjanjikan.

Disebutkan mesin anyar YZR-M1 telah memperbaiki kelemahan motor Yamaha musim lalu yaitu top speed. Laporan jurnalis Peter Mclaren di Sepang, top speed motor Yamaha yang digeber Crutchlow tembus 335,4 km/jam. 

3 dari 4 halaman

Komentar Cal Crutchlow

Soal top speed ini, Cal Crutchlow tidak bicara gamblang lantaran menurutnya karakteristik Sirkuit Sepang tidak terlalu cocok dengan mencoba top speed maksimal motor.

Namun yang pasti ia mengkonfirmasi performa mesin anyar Yamaha memang menjanjikan.

"Berhenti bicara terlalu banyak soal top speed. Speed trap berada di zona pengereman. Tapi mesin kami memang lebih cepat," ujar Cal Crutchlow.
4 dari 4 halaman

Menunggu Tes Resmi

Dengan berakhirnya tes shakedown MotoGP Sepang yang berlangsung selama tiga hari, 5-7 Februari, maka tim dan pembalap tinggal menunggu sesi tes resmi.

Tes pramusim MotoGP Sepang akan dimulai 10-12 Februari. Pada tes pramusim ini, semua pembalap utama MotoGP 2023 bakal ikut serta.

Berbeda dengan shakedown di mana hanya boleh diikuti pembalap penguji dan rookie di MotoGP musim ini yaitu Augusto Fernandez.

Video Populer

Foto Populer