Sukses


3 Pembalap yang Punya Potensi Meraih Kemenangan pada Balapan WSBK Mandalika: Siapa Jagoan Kalian?

Bola.com, Jakarta - Untuk kali ketiga, Sirkuit Mandalika, Lombok bakal jadi tempat balapan Kejuaraan Dunia Superbike atau WSBK.

WSBK Mandalika akan berlangsung 3-5 Maret 2023 dan berstatus seri kedua musim ini. Tentu karena berstatus untuk kali ketiga, mayoritas pembalap sudah mengenal karakteristik Mandalika.

Tipe trek flowing, super cepat dengan tantangan cuaca panas tapi bisa seketika berubah menjadi hujan jadi jaminan WSBK Mandalika 2023 bakal sangat menarik.

Bola.com pun memilih tiga nama pembalap yang punya kans besar untuk menjadi juara WSBK Mandalika 2023.

2 dari 5 halaman

Alvaro Bautista

Alvaro Bautista merupakan juara WSBK 2022. Dia memulai WSBK musim ini dengan catatan gemilang.

Pembalap Aruba.it Racing – Ducati itu sukses sapu bersih tiga kemenangan pada seri pertama WSBK Australia di Sirkuit Phillip Island.

Mandalika sendiri trek spesial buat Bautista. Karena ia mengunci titel juara dunia WSBK 2022 pada Race 2 WSBK Mandalika.

Namun nilai minus untuk pembalap ini adalah dirinya belum pernah menang WSBK Mandalika sejak masuk kalender balapan tahun 2021.

3 dari 5 halaman

Toprak Razgatlioglu

Toprak merupakan juara dunia WSBK tahun 2021. Nah pembalap asal Turki ini layak disebut sebagai rider rajanya WSBK Mandalika. 

Karena jika ditotal, ia sudah mengemas tiga kemenangan dan tiga podium tersebut semua ia raih pada WSBK Mandalika 2022. 

Pada edisi kali ini, Toprak yang memperkuat Pata Yamaha Prometeon WorldSBK kembali jadi favorit untuk menang di Mandalika. 

Namun jika melihat balapan seri pertama di Phillip Island, Toprak bakal harus menghadapi banyaknya pembalap Ducati yang kompetitif. 

 

4 dari 5 halaman

Jonathan Rea

Siapa tidak kenal nama Jonathan Rea. Dia merupakan juara dunia WSBK enam kali. Namun sayang pamornya terbilang menurun pada dua musim terakhir di mana Toprak dan Bautista berhasil mencuri gelar juara dunia darinya.

Tapi berbicara WSBK Mandalika, Rea tentunya punya rapor manis. Dia berhasil menang pada dua balapan WSBK Mandalika 2021. 

Jika cuaca hujan, nama Rea tidak bisa dimungkiri bakal jadi favorit utama. Namun bila situasi normal, Rea telah mengakui motor Kawasaki miliknya masih berada di belakang motor Ducati milik Bautista. 

 

5 dari 5 halaman

Jumlah Balapan

Untuk diketahui, WSBK menampilkan tiga balapan sekaligus dalam satu putaran. Rinciannya Race 1, Superpole Race, dan Race 2.

Race 1 dan Race 2 sendiri punya karakteristik sama. Sementara Superpole Race menyajikan jumlah lap hanya setengah dari Race 1 dan Race 2 atau di MotoGP dikenal dengan nama Sprint Races.

Pada Superpole Race, hanya pembalap yang finis sembilan besar mendapat poin. Pemenang pun hanya meraih 12 poin, bandingkan dengan Race 1 dan Race 2 yang diganjar 25 poin.

Video Populer

Foto Populer