Sukses


MotoGP 2023: Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Marc Marquez Alami Cedera dan Kena Penalti

Bola.com, Jakarta - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, dinyatakan mengalami cedera tangan kanan usai menabrak Miguel Oliveira dalam balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (26/3/2023). Oliveira sendiri terhindar dari cedera serius dan sekadar mengalami memar pada kaki kanan.

Start dari pole, Marc Marquez memimpin selepas start, diikuti oleh Oliveira, Jorge Martin, dan Pecco Bagnaia. Pada lap yang sama, Oliveira yang juga merupakan rider tuan rumah langsung menyalip Marquez dan memimpin balapan. Marquez kembali melorot ke posisi keempat usai melebar dan tersalip oleh Martin dan Bagnaia.

Pada lap kedua, Bagnaia giliran memimpin balapan. Satu lap kemudian, Marquez berusaha menyalip Martin di Tikungan 3, tapi justru menabrak bagian belakang motor rider Pramac Racing tersebut. Marc Marquez terlempar dari motornya, mengakibatkan efek domino. Baik Marquez dan Martin menabrak Oliveira yang ada di depan.

Menurut CryptoDATA RNF, Miguel Oliveira lolos dari cedera serius dan hanya mengalami memar di kaki. "Kabar baik! @88migueloliveira telah dinyatakan bugar meski ada memar pada kaki kanannya, dan x-ray mengonfirmasi tak ada keretakan tulang," tulis mereka via Twitter.

2 dari 3 halaman

Marc Marquez Alami Retak Tulang Metakarpal

Marquez sendiri dinyatakan Repsol Honda kemungkinan besar mengalami retak tulang ruas tangan dan akan diperiksa di Barcelona, Spanyol. "Usai cek medis, @marcmarquez dinyatakan kemungkinan mengalami retak pada tulang metakarpal pertama pada tangan kanannya. Ia akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut," tulis mereka.

Tangan kanan Marquez pun segera dipasangi gips sebagai penyokong tulangnya dan ia mengenakannya saat dipanggil oleh FIM Stewards untuk dimintai keterangan soal insidennya dengan Oliveira. Ia pun dijatuhi long lap penalty ganda dalam main race MotoGP Argentina pekan depan.

Selain itu, Martin yang terlibat dalam kecelakaan tersebut dinyatakan mengalami keretakan kecil pada ibu jari kaki kanannya, dan mengaku mengalami cedera engkel. "Rider MotoGP #89 @88jorgemartin mengalami keretakan kecil pada tulang jari pertama pada kaki kanannya, tetapi dinyatakan bugar," demikian yang ditulis MotoGP.

3 dari 3 halaman

Legawa dan Meminta Maaf

Marc Marquez, menyatakan permintaan maaf kepada Miguel Oliveira dan seluruh fansnya usai menabrak rider CryptoDATA RNF tersebut dalam seri kandangnya, MotoGP Portugal di Algarve, Portimao, Minggu (26/3/2023). Ia juga mengaku legawa menerima hukuman dari FIM Stewards.

Seusai balapan selesai, FIM Stewards memanggil Marquez untuk meminta keterangan soal insidennya dengan Oliveira. Delapan kali juara dunia itu pun dijatuhi dua long lap penalty dalam main race MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 31 Maret-2 April 2023.

"Pertama, saya meminta maaf sebesar-besarnya kepada Miguel. Memang benar itu sepenuhnya kesalahan saya, dan atas alasan itu saya dijatuhi hukuman untuk Grand Prix selanjutnya di Argentina dengan dua long lap penalty, dan saya benar-benar sepakat," ujarnya kepada BT Sport, seperti yang dikutip The Race.

"Niatan saya bahkan bukan untuk menyalip Martin, dan jelas bukan Oliveira. Ban depan saya benar-benar terkunci, karena saya memilih ban keras dan mungkin waktu itu ban saya belum cukup siap, apalagi dengan angin yang membuatnya lebih dingin. Martin juga kesulitan dengan ban depan keras," ucap Marquez.

"Saya mencoba melepasnya, menyelamatkan diri dari kecelakaan, tetapi ketika melepas rem, motor melaju ke jalur dalam. Saya bisa menghindari tabrakan dengan Martin, tetapi tak bisa menghindari Oliveira. Beruntung, ia baik-baik saja, ini bikin saya cukup tenang. Namun, hari ini saya melakukan kesalahan dan saya hanya bisa meminta maaf kepada Oliveira dan semua fans Portugal," tutupnya.

Sumber: BT Sport, The Race

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya

Video Populer

Foto Populer