Sukses


10 Pembalap Jadi Korban Cedera di 5 Balapan Awal MotoGP 2023: Banyak yang Patah Tulang

Bola.com, Jakarta - Data mengkhawatirkan dirilis oleh media asal Jerman, Speedweek. Dia menuliskan angka kecelakaan pada MotoGP 2023 saat berjalan lima seri sudah mencapai 114 kasus.

Sebagai perbandingan, dengan jumlah balapan sama pada MotoGP 2022, rider yang alami crash cuma 82 kasus.

Rata-rata angka kecelakaan di MotoGP 2023 mencapai 22,8 per balapan. Padahal musim lalu, rataan ini hanya 16,7 per race.

Imbasnya sepuluh pembalap sudah jadi korban ganasnya persaingan di MotoGP 2023: alam cedera dan beberapa paatah tulang yang mengharuskan absen cukup lama.

 

2 dari 3 halaman

10 Pembalap Utama Cedera

Tercatat 10 kasus pembalap alami cedera saat balapan MotoGP 2023 baru berlangsung lima seri dan sembilan di antaranya berstatus rider utama musim ini (bukan pengganti atau wildcard).

Artinya 9 dari total 22 pembalap utama alami cedera akibat kecelakaan di MotoGP 2023 yang memunculkan rata-rata mencengangkan yaitu 40,9 persen atau nyaris setengahnya!

Sebagai perbandingan, pada lima balapan di MotoGP tahun lalu, hanya ada satu pembalap yang sudah harus absen balapan akibat cedera.

Yuk scroll ke bawah untuk melihat daftar pembalap cedera di MotoGP 2023.

3 dari 3 halaman

Daftar Pembalap Utama MotoGP 2023 Alami Cedera

  1. Pol Espargaro (FP2 MotoGP Portugal): Paru-paru memar, delapan tulang patah (termasuk rahang dan tulang belakang), absen lima balapan sejauh ini.
  2. Enea Bastianini (Sprint Race MotoGP Portugal): Tulang bahu kanan patah, absen di main race MotoGP Portugal dan empat balapan lainnya.
  3. Marc Marquez (Main Race MotoGP Portugal): Tulang metacarpal kanan pertama patah, absen tiga balapan.
  4. Miguel Oliveira (Main Race MotoGP Portugal): Cedera tendon rotator eksternal kaki kanan, absen balapan MotoGP Argentina.
  5. Jorge Martin (Main Race MotoGP Portugal: Jari kaki patah, tapi tidak sampai absen balapan.
  6. Joan Mir (Sprint Race MotoGP Argentina): Trauma kepala dan leher, absen main race MotoGP Argentina.
  7. Alex Marquez (Main Race MotoGP Amerika Serikat): Hamstring robek dan ligamen paha terkilir, tidak sampai absen balapan. 
  8. Miguel Oliveira (Main Race MotoGP Spanyol): Dislokasi bahu, patah tulang lengan atas dan cedera ligamen labrum anterior, absen balapan MotoGP Prancis.
  9. Pecco Bagnaia (Main Race MotoGP Prancis): Cedera pergelangan kaki, tidak sampai absen balapan.
  10. Luca Marini (Main Race MotoGP Prancis): Tangan kanan cedera tulang karpal, tidak sampai absen balapan.

Sumber: Speedweek 

Video Populer

Foto Populer