Sukses


Cal Crutchlow Turun Gunung! Ikut Balapan MotoGP Jepang dengan Status Wildcard bersama Yamaha

Bola.com, Jakarta - Yamaha Motor Racing (YMR) resmi mengumumkan bahwa test rider mereka, Cal Crutchlow, akan menjalani balapan dengan status wildcard MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi pada 29 September-1 Oktober 2023.

Sosok Cal Crutchlow akan membela skuad Yamalube RS4GP Racing Team. Dia diketahui pensiun dari MotoGP pada akhir 2020.

Rider Inggris ini pernah membela Monster Yamaha Tech 3, Ducati Team, dan LCR Honda. Ia lalu menerima tawaran Yamaha untuk jadi pengganti Jorge Lorenzo sebagai test rider sekaligus pembalap cadangan.

Sejak memegang jabatan itu, Crutchlow terhitung 10 kali balapan di MotoGP, tetapi selalu berstatus sebagai pengganti pembalap yang cedera.

Alhasil, MotoGP Jepang 2023 nanti akan menjadi wildcard pertama Crutchlow sebagai test rider Yamaha di MotoGP.

 

2 dari 3 halaman

Jarang Manfaatkan Fasilitas Wildcard

Yamaha sendiri dikenal sebagai pabrikan MotoGP yang sangat jarang memanfaatkan jatah wildcard yang mereka miliki.

Namun, tampaknya mereka mulai sadar betapa pentingnya tampil dengan pembalap wildcard. Terutama akibat YZR-M1 saat ini sulit kompetitif.

Selain itu, mengingat Yamaha sedang tak memiliki tim satelit, menurunkan Crutchlow sebagai pembalap wildcard juga sangat krusial untuk mengumpulkan lebih banyak data. Dengan begitu, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli akan sangat terbantu.

3 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Cal Crutchlow

"Saya senang bisa dapat kesempatan balapan di Motegi bersama Yamalube RS4GP Racing Team. Sebagai test rider Yamaha, saya bekerja semampu saya demi mengembangkan M1. GP Jepang pun jadi kans yang baik demi menjajal item-item prototipe dalam setup balapan," kata Cal Crutchlow. 

"Saya menantikan kerja sama dengan Yamalube RS4GP Racing Team, dimulai dengan tes yang akan datang pada Agustus nanti. Saya yakin kami akan bersenang-senang bersama. Kami akan bekerja keras demi mengumpulkan sebanyak mungkin informasi berharga untuk Yamaha."

Sumber: Yamaha Motor Racing

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 25/07/2023)

Video Populer

Foto Populer